Analisis Teknik Evaluasi Guru Pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah

Hasnia Hasnia, Muhazzab Said, Nursaeni Nursaeni

Abstract


artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan dan bentuk teknik evaluasi guru dalam mengukur hasil  belajar siswa pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitiann ini menggunakan penelitian lapangan (field reseerch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan objek penelitian ini adalah Analisis Teknik Evaluasi Guru pada pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa pelaksanan evaluasi  yang dilakukan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, hanya menggunakan 2 (dua) teknik evaluasi  yaitu evaluasi  formatif yang hanya menilai  peserta didik di akhir  semester dan evaluasi sumatif itu hanya mengevaluasi peserta didik  di setiap akhir materi  yang berjalan (ulangan harian). Bentuk tes evaluasi yang digunakan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo umunya  menggunakan  bentuk tes subjektif  berupa tes uraian atau essai, lisan atau tulisan dan sebagian kecil menggunakan bentuk objektif (pilihan ganda). Hasil belajar siswa dapat diketahui dengan cara pemberian tugas-tugas, seperti tugas praktek tugas ulangan harian, diskusi dan ulangan akhir yang di berikan oleh guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan aspek-aspek juga penting dalam mengevaluasi peserta didik aspek-aspek seperti aspek ranah kognitif, psikomotorik, afektifnya.


Keywords


Teknik; Evaluasi; Pembelajaran; Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Abu Daud Sulayman ibn al-Asy’ats ibn Ishaq al-Azdi as-Sijistani, 1996, Sunan Abu Daud, Kitab. Sunnah, Juz. 3, No. 4714, Beirut-Libanon: Darul Kutub ‘llmiyah

Arikunto, Suharsim, 2018, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet 1, Jakarta : Bumi Aksara

Kementerian Agama RI, 2014, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya, Surabaya :HALIM.

Saroni, Muhammad, 2011, Personal Branding Guru, Cet.1, Jogjakarta:Penerbit Ar-Ruzz Media,

Soleha Dan Rada, 2013, Ilmu Pendidikan Islam, cet. 1; Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas, 2001, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet 3; Jakarta: Raja Graindo Persada.

Sudjana,Nana, 2006, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi, M, 2010, Evaluasi Pendidikan :Prinsip Dan Operasionalnya, Cet.4; Jakarta :Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v4i1.1851

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats