Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Dan Kedisiplinan Siswa SMK Mutu Semarang

Dessy Wahyu Fitria, Karnadi Karnadi

Abstract


Abstract

This research aims to determine the influence of school culture in building religious character and discipline in students at SMK Muhammadiyyah 1 Semarang. The research method used in this research is a qualitative research method. The data collection technique used is interview techniques, observation techniques and documentation. The resource person came from the head of the religious section of SMK Muhammadiyyah 1 Semarang, namely Ustad Furqon. After obtaining the required data, data analysis is carried out, and conclusions are drawn. The results of the research that has been carried out show that the school culture at SMK Muhammadiyyah 1 Semarang is very helpful in forming religious character and discipline for its students. There are several cultures at SMK Muhammadiyyah 1 Semarang which are very helpful in forming this religious character, one of which is holding congregational prayers at every prayer time. The culture in forming disciplinary character for students at SMK Muhammadiyyah 1 Semarang is the existence of regulations which of course greatly shape the disciplinary character of students. With these school cultures, it is hoped that it can form religious character and discipline for all students at SMK Muhammadiyyah 1 Semarang.

Key words: Culture, students, research.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kultur sekolah dalam membangun karakter religius dan kedislipinan pada siswa SMK Muhammadiyyah 1 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Teknik wawancara, Teknik observasi serta dokumentasi. Narasumber berasal dari kepala bagian keagamaan SMK Muhammadiyyah 1 Semarang yaitu Ustad Furqon. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan kemudian dilakukan analisis data, dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kultur sekolah yang ada di SMK Muhammadiyyah 1 Semarang sangat membantu dalam pembentukan karakter religius dan kedisiplinan untuk para siswanya. Ada beberapa kultur SMK Muhammadiyyah 1 Semarang yang sangat membantu untuk pembentukan karakter religius tersebut, salah satunya yaitu dengan diadakannya sholat berjamaah untuk setiap waktu sholat. Kultur dalam pembentukan karakter kedisiplinan untuk para siswa di SMK Muhammadiyyah 1 Semarang yaitu dengan adanya peraturan-peraturan yang tentunya sangat membentuk karakter kedisiplinan siswanya. Dengan adanya kultur-kultur sekolah tersebut, diharapkan dapat membentuk karakter religius dan kedislipinan untuk semua siswa di SMK Muhammadiyyah 1 Semarang.

Kata kunci: Kultur, siswa, penelitian.

Full Text:

PDF

References


Efianingrum, Ariefa. “Kultur Sekolah.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 2, no. 1 (2013).

Framanta, Galih Mairefa. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (2020): 126–29.

Indraswari, Dyah Ayu. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan,” 2021.

MEILANI, CAHYA, and Muhammad Munadi. “PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWI MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI MAN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023.” UIN RADEN MAS SAID, 2023.

Nugrahani, Farida, and Muhammad Hum. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books 1, no. 1 (2014): 3–4.

Otok, Bambang Widjanarko, and Dewi Juliah Ratnaningsih. “Konsep Dasar Dalam Pengumpulan Dan Penyajian Data.” Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Saputri, Evi Rovikoh Indah, and Samsi Haryanto. “Manajemen Kultur Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 2 Brebes.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 4, no. 1 (2016): 77–84.

Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, and Deni Sutisna. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6, no. 1 (2019): 61–71.




Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats