Media Knowledge Pocket Board Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih Siswa MI Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7130Keywords:
Media Knowledge Pocket Board, Pembelajaran fikih, Motivasi belajar, Model ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas Media Knowledge Pocket Board (MKPB) dalam pembelajaran mata pelajaran Fikih pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Kota Batu. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Model ini melibatkan lima tahapan inti yang meliputi proses analisis, perencanaan desain, pembuatan atau pengembangan, pelaksanaan, serta penilaian terhadap hasilnya. Tahapan pengembangan meliputi analisis kebutuhan pembelajaran, perancangan media pembelajaran, pengembangan konten media, pembuatan prototipe media, dan evaluasi kinerja media pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket untuk menilai kinerja media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Knowledge Pocket Board (MKPB) efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi Fikih pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kota Batu. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Media Knowledge Pocket Board (MKPB) dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam konteks pembelajaran Fikih di MI Miftahul Ulum Kota Batu.
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hidayati, S., & Ramadhan, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 134–142.
Jou, M. M. (2021). Pengembangan media papan kantong pintar (Pakapin) pada pembelajaran tematik sub tema Gemar Berolahraga untuk siswa kelas 1 sekolah dasar (Skripsi tidak diterbitkan). Surabaya : PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rohima, N. (2023). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan belajar pada siswa (Skripsi tidak diterbitkan). Banjarmasin : PIPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Suyatmini, S. (2019). Pengaruh Media Visual Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 45–52.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang lingkup manajemen pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822–3835.
Wahyuni, D., & Nugraheni, S. A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Kartu Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 135–143.
Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.
Yuliani, S., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 30–38.
Zaenudin, Z. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh melalui penerapan strategi bingo. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ana Faidatul Ummah Ana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.