Etika Digital dalam Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam : Menjaga Nilai Spiritualitas di Tengah Inovasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i3.8418Keywords:
Era Digital, teacher profesionalism, nilai spiritual, inovasi pembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi digital menuntut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki etika digital yang terintegrasi dengan nilai moral dan profesionalisme keguruan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemahaman, bentuk implementasi, dan tantangan etika digital dalam praktik profesional guru PAI di SDN 057 Bina Harapan Bandung. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam terhadap empat guru PAI, serta dokumentasi perangkat ajar dan komunikasi digital sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memaknai etika digital sebagai akhlak profesional yang menuntut kehati-hatian, amanah, dan kesantunan dalam ruang digital. Implementasinya tampak melalui keteladanan digital, komunikasi daring yang etis, penyaringan konten, serta pembiasaan adab bermedia bagi peserta didik. Tantangan utama meliputi rendahnya literasi privasi siswa, ketidaksiapan orang tua dalam pendampingan digital, serta keterbatasan fasilitas dan kebijakan sekolah yang belum seragam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa profesionalisme guru PAI di era digital bergantung pada integrasi literasi teknologi, etika bermedia, dan nilai spiritual Islam. Penguatan kolaborasi sekolah orang tua diperlukan untuk menciptakan budaya digital yang aman dan beradab.
References
Amin, M., & Widiyanto, A. (2023). Etika digital dalam pembelajaran era Society 5.0. Deepublish. https://deepublishstore.com/produk/etika-digital-dalam-pembelajaran-era-society-5-0/
Fallahnda, B. (2025). Bu Guru Salsa viral lagi, apa penyebabnya? Tirto.Id. https://tirto.id/bu-guru-salsa-viral-lagi-apa-penyebabnya-hawG
Ibnu Prayoga, F., Masruroh, N., & Vina Safitri, N. (2024). Pentingnya profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 613–622. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91633
Januaripin, M., Nafi'a, I., Jubaedah, U., & Munasir, M. (2025). Strategi internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pendidikan madrasah di era digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1762–1770. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1975
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book239534
Munawwir, & Yustia Shindy Irnanda, R. I. (2025). Analisis profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 338–350. https://e-journal.my.id/jsgp/article/download/5678/3703/24943
Musbaing, M. (2024). Kompetensi guru PAI di abad 21: Tantangan dan peluang dalam pendidikan berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 315–324. https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/369
Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2019). Strategy of digital etiquette education. Premise: Journal of English Education, 3(2), 43–54. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan etika digital melalui materi "Adab menggunakan media sosial" pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Nurussalam, A. (2022). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Ekonomika Depok. UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 13–18. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/16587/12466
Nugraeni, D. (2023). [Judul artikel tidak lengkap]. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1034–1044. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8846
Purba, A., Ndona, Y., & Saragi, D. (2025). Pendidikan nilai sebagai fondasi pembentuk karakter siswa di era digital. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4(10), 2466–2476. https://doi.org/10.55681/sentri.v4i10.4753
Rahma, F., Zain, A., Mustain, Z., & Rokim, R. (2024). Penguatan nilai-nilai spiritual dan moralitas di era digital melalui pendidikan agama Islam. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 94–103. https://journal.unuha.ac.id/index.php/jemari/article/view/3568
Rochmawan, A. E., Nashir, M. J., Abbas, N., Hidayah, N., & Amin, L. H. (2024). Panduan parenting cerdas keluarga harmonis pada era digital. Jurnal Al Basirah, 4(2), 59–79. https://doi.org/10.58326/jab.v4i2.232
Sakti, A. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui teknologi digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–221. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital: Tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.47945/alfikr.v10i1.378
Saroinsong, D. M., Wullur, M. M., & Doni. (2023). Pendidikan magang keterampilan pangkas rambut di Kota Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(September), 959–969. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/6868/4333/
Shehata, A., Khalaf, M. A., Al-Hijji, K., & Osman, N. E. (2023). Digital ethics in education: An examination of Omani information studies students' ethical competencies during e-learning. Journal of Education and E-Learning Research, 10(3), 595–604. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i3.4989
Siregar, D. A. P., Fahrunnisa, I., Hidayatullah, R., Hadeli, & Al-azmi, H. (2025). Analisis konsep dasar etika dan profesi keguruan di era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(3), 93–102. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.2030
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/153136/slug/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d.html
Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan profesionalisme guru sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296–304. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297
Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-undang tentang guru dan dosen (UU No. 14 Tahun 2005). https://peraturan.bpk.go.id/Details/40264/uu-no-14-tahun-2005
UNICEF. (2020). Menguatkan pembelajaran digital di seluruh Indonesia. United Nations Children's Fund. https://www.unicef.org/indonesia/media/10536/file/Menguatkan%20Pembelajaran%20Digital%20di%20Seluruh%20Indonesia.pdf
Yamin, M., & Sanuri, D. (2024). Implementations of The Digital Madrasah: Case Study on MTSN 1 Makassar. Jurnal Sustainable, 7(1), 126-130.
Yosi, N. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era digital. Al-Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i1.717
Yustia, R. I. (2025). Strategi guru PAI dalam menerapkan pendekatan [judul tidak lengkap]. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(6). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i6.2156
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Hikmal Alfiyansyah, Ela Nurlela, Ahmad Nazar Fakhury, Opik Taupik Kurahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





This is an open access article under the