Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamPengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

rafiqa sari

Abstract


Research aims to understand a style learning and study results style and influence in the learning student learning islamic education x a state sma palopo 4. Type this study quantitative with the design ex-post facto capital with a population of 51 students with the sample is covering sampling.Data drawn through the survey data processed by analysis descriptive statistics and statistics inferential.The research results show that study visual style, auditory, students and a kinesthetic having influence in the the highest student learning study visual style of 13,2 %.Religious education study results people in the 28 people and frequency the 55 % the percentage.And influence the style of student learning islamic education in the learning supported by r2 ( r square) of 0,360 or 36 % style learning in the learning student effect for  islamic education.


Keywords


Learning styles; learning outcomes; islamic education

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010.

Arifin, Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Lilin Persada Press, 2010.

Astuti Noer Endah Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam di SDN Karanggayam 02 Srengat Blitar Tahun 2014.

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Redboy Indonesia, 2010.

DePorter Bobby dan Hernacki Mike, terjemah Abdurrahman Alwiyah, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2005.

Dimyati dan Mudijono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

D. Parson Richard, et.all. Educational Psychology: A Practitioner Approach, Singapore: Seng Lee Press, 2001.

Dwi Prasetya, Fajar, Gaya belajar peserta didik berprestasi akademik kelas IV SD Negeri Sumberreji Magelang Jawa Tengah Tahun 2013

Emirina, Gaya Belajar pada Anak,. (http://emirina.wordpress.com. Diakses 11 Nopember 2016).

Gunawan Adi W., Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Hariyanto dan Suyono, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rmaja Rosdakarya, 2012.

Iskandar, Psikologi Pendidikan, Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.

Iqbal Hasan, M., Pokok-pokok Materi Statistik 2, cet-4, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Linksman Ricki, Cara Belajar Cepat, Semarang: Dahara Prize, 2008.

Mahbub M., Korelasi antara Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 02 Longikis tahun pelajaran, (http://one.indoskripsi.com, diakses 09 Nopember 2016).

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Nata, Abudin , Sosiologi Pendidikan Islam,Jakarta : RajaGrafindo Persada,2014

Subini Nini, Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak, Yogyakarta: Javalitera, 2012

Sukmadinata Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sumanto Wasty, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 20; Bndung: Alfabeta, 2014

Suprayeki, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Dikdasmen, Depdiknas, 2003.

Shota Farhan, Gaya Belajar Insan Pembelajar, (http://jendela-dunia.co.id. Diakses 10 November 2016)

Siregar, Syofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sanafiah, Faisal Format-format Penelitian Sosial,Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Memepengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta 2005.

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Steinbach Robert, succesfull Lifelong Learning, terjemah Kumala Insiswi Suryo, Jakarta: Victory jaya Abadi, 2012.

S. Suparman, Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinud Book Publisher, 2010.

Sudijono, Anas , Pengatar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka belajar, 2010

Tohirin, PSikologoii Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 2006.

Zuhud Muhammad, Strategi Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Makale Kabupaten Tana Toraja, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam tahun 2010.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.972

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats