Analysis of Project Assignments on Cultural Arts Learning on Student Learning Independence
DOI:
https://doi.org/10.24256/jiis.v2i2.4805Keywords:
project assignments, independent learning, studentsAbstract
References
Anas Aswar , Munir Permatasari Nilam†Penerapan Media E-Learning Berbasis Proyek Terhadap Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopoâ€. Pedagogy P-Issn: 2502-3802 Volume 5 Nomor 1 E-Issn: 2502-3799.
Abdullah Shonhaji dkk, Tarjamah Sunan Ibnu Majah, Jilid 1, Cet. 1, (CV. Asy- Syifa: Semarang, 1992), h. 181-182.
Dipohusodo,Istimawan. (1996) Manajemen Proyek & Konstruksi.Kanisius.
Fatmawati, Endang, Luluk Firdausiyah, and Jasmaniah Jasmaniah. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Masa Pandemi Covid-19).†Al- Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 527.
Herry Saptiawan, I Ketut, I Gede Suardika, and I Made Rudita. “Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android.†Jurnal Fasilkom 11, no. 1 (2021): 1–6.
Ii, Semester, S M A Negeri, Kota Ternate, Tahun Pelajaran, and Hj Emmi Bessy. “EDUKASI - Jurnal Pendidikan†13, no. 2 (2016): 482–493.
Ipa, Perbedaan Pembelajaran, and Rina Indah Fatmawati. “Perbedaan Pembelajaran IPA … (Rina Indah Fatmawati) 304,†no. 2 (n.d.): 304–310.
Kusnawan, Heri. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX Melalui Model Project Based Learning.†Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang 1, no. 1 (2021): 7–12.
Ningsih, Rita, and Arfatin Nurrahmah. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 1 (2016): 73–84.
Nuritha, Citra, and Ayu Tsurayya. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2021): 48–64.
Putri, Nuraini Erlina Wati. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Movie Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Smp Negeri 19 Bandar Lampung†(2021).
Rahmawati, Laili Etika, and Vitria Indriyani Setyaningsih. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ( Students ‟ Independent Learning in the Online Learning for Bahasa
Indonesia Subject ) Dilaksanakan Secara Efektif ( Islamiyah & Widayanti , 2016 ). Banyak Media Dan Plat†7, no. 2 (2021): 353–365.
Sobri, Muhammad. “Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran
Berbasis Daring.†Jurnal Pendidikan Glasser 4, no. 4 (2020): 64–71.
Suprihatin, Eny, and Desti Rosita. “Penerapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kristen Kadasituru Terpadu.†EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 34–55.
Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryatini, and Anak Agung Ayu Mayun Artati. “Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning.†Mudra Jurnal Seni Budaya 33, no. 1 (2018): 128.
Yanti, Reza Nofi, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, and D A N Ilmu. “Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Mtsn 13†(2021).
Yilmaz, Jontra Jusat Pangaribuan, Patri Janson Silaban, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Katolik, et al. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar†4, no. 4 (2021): 1363.
Nuritha Citra and Tsurayya Ayu , “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa,†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2021): 48–64.
Indrawati, Nenny Nurafni†Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pemberian Tugas Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematikaâ€. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika. 1(2). 8188. 2021.
Ningrum Reza Ayu, “Studi Perbandingan Kecakapan Hidup (Life Skill) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Time Token Dengan Memperhatikan Teknik Penugasan Proyek Dan Portofolio Pada Siswa. 2016, Hal 35.
Mahroni Aswandi Lalu G., Munawarah Apriliana Pyo †Karya Rupa Kolase Kain Flanel Dalam Bingkai†Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram.. Volume 8, No. 2, Juni 2021.
Maulana Akbar Sanjani, “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajarâ€. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.6, No.1, Juni 2020.
Sundayana Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84.
Ekawati, dkk. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Terhadap Kemandirian Belajar Dan Kemampuan membaca Pemahaman pada siswa kelas IV SD GUGUS III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. PENDASI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (1), 41-45.
Mimin haryati, model & tenik penilaian pada tingkat satuan pendidikan, (Jakarta; gaung persada press, 2018), 50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with the Journal of Indonesian Islamic Studies agree to the following terms:
- Authors have retained full articles copyright and grant the Journal of Indonesian Islamic Studies right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Journal of Indonesian Islamic Studies published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see also deposit policy and archiving on page journal).