MENDONGENG SEBAGAI INTERVENSI PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI: TINJAUAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.6076Abstract
Aspek perkembangan bahasa merupakan elemen penting dalam perkembangan anak usia dini. Hal tersebut mengharuskan strategi yang tepat dalam membantu optimalisasi perkembangan anak usia dini, salat satunya adalah melalui metode mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat mendongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia dini melalui pendekatan kualittatif dengan metode tinjauan literatur. Data diperoleh dari database Google Scholar dengan kata kunci “mendongeng,” “perkembangan bahasa,” dan “anak usia dini.” Aplikasi Publish or Perish digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Hasil pencarian menunjukkan 200 artikel yang ditemukan dalam kurun waktu 2014–2024, sepuluh artikel dipilih berdasarkan kriteria tertentu, yaitu: relevansi dengan topik, penerbitan dalam 10 tahun terakhir, akses terbuka, teks lengkap, dan merupakan jurnal ilmiah. Metode analisis data dilakukan dengan meninjau hasil penelitian dari sepuluh artikel yang relevan. Hasil analisis menunjukkan berbagi macam manfaat mendongeng, yaitu mendongeng memiliki berbagai manfaat terhadap perkembangan bahasa anak usia dini, yaitu meningkatkan keterampilan menyimak anak usia dini, meningkatkan kemampuan membaca permulaan, membantu pemerolehan bahasa, meningkatkan pembendaharaan bahasa, meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan sesuatu dan membantu anak berkomunikasi secara aktif dan efisien.
References
Choirina, V. N. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63-69.
Fadlan, A. (2019). Efektivitas metode bercerita dalam perkembangan bahasa anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37.
Faiz, A. Z. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Mendongeng dengan Variasi Media di KB PAUD PKK Wonojoyo Kediri. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 39-49.
Febriani, R. D., Mahmud, A., & Pratama, H. (2024). Pengaruh metode mendongeng berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan bahasa dan identitas kultural anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 78-93.
Hasanah, N., & Pratiwi, S. (2021). Efektivitas mendongeng dengan media visual terhadap peningkatan kemampuan bahasa reseptif dan produktif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754-1766.
Kurniawan, D., Sulistyowati, E., & Hidayat, R. (2022). Mendongeng interaktif: Strategi pengembangan aspek pragmatik bahasa pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 17(1), 69-80.
Nur, M. Z., Srininta, L., Tambunan, J. M., Anti, U. D., & Krety, A. (2024). Srategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 745-757.
O'LEARY, Z. (2021). The essential guide to doing your research project. 4th edition, SAGE Publications, Ltd.
Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75-79.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
Pradana, P. H., Djamali, F., & Khoiriyah, A. N. (2024). Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 99-108.
Rahmawati, D., & Dwiyanti, L. (2020). Mendongeng sebagai metode pengembangan keterampilan berbahasa pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 190-204.
Rahmawati, I. (2022, April). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. In SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I).“Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indoinesia.
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3550-3557.
Saida, N. (2018). Bahasa sebagai salah satu sistem kognitif anak usia dini. Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini, 4(2), 16-22.
Widjayatri, R. D., Azzahra, N., Afifah, T. A., Dayanti, L. I., & Safitri, D. (2022, February). Urgensitas Kemampuan Membuat Cerita Anak Bagi Mahasiswa PGPAUD Angkatan 2019 UPI Kampus Serang. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 158-163).
Windari, S., Angraini, D., & Setyaningrum, F. (2023). Pengaruh metode mendongeng terhadap pengembangan literasi awal dan kesadaran fonologis anak usia 3-5 tahun: Studi longitudinal. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 10(2), 154-170.
Yunita, F. T., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui mendongeng dengan media wayang kertas. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 42-50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Rahma, Esya Anesty Mashudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)