MENDONGENG SEBAGAI INTERVENSI PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI: TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Adelia Rahma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.6076

Abstract

Aspek perkembangan bahasa merupakan elemen penting dalam perkembangan anak usia dini. Hal tersebut mengharuskan strategi yang tepat dalam membantu optimalisasi perkembangan anak usia dini, salat satunya adalah melalui metode mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat mendongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia dini melalui pendekatan kualittatif dengan metode tinjauan literatur. Data diperoleh dari database Google Scholar dengan kata kunci “mendongeng,” “perkembangan bahasa,” dan “anak usia dini.” Aplikasi Publish or Perish digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Hasil pencarian menunjukkan 200 artikel yang ditemukan dalam kurun waktu 2014–2024, sepuluh artikel dipilih berdasarkan kriteria tertentu, yaitu: relevansi dengan topik, penerbitan dalam 10 tahun terakhir, akses terbuka, teks lengkap, dan merupakan jurnal ilmiah. Metode analisis data dilakukan dengan meninjau hasil penelitian dari sepuluh artikel yang relevan. Hasil analisis menunjukkan berbagi macam manfaat mendongeng, yaitu mendongeng memiliki berbagai manfaat terhadap perkembangan bahasa anak usia dini, yaitu meningkatkan keterampilan menyimak anak usia dini, meningkatkan kemampuan membaca permulaan, membantu pemerolehan bahasa, meningkatkan pembendaharaan bahasa, meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan sesuatu dan membantu anak berkomunikasi secara aktif dan efisien.

References

Choirina, V. N. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63-69.

Fadlan, A. (2019). Efektivitas metode bercerita dalam perkembangan bahasa anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37.

Faiz, A. Z. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Mendongeng dengan Variasi Media di KB PAUD PKK Wonojoyo Kediri. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 39-49.

Febriani, R. D., Mahmud, A., & Pratama, H. (2024). Pengaruh metode mendongeng berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan bahasa dan identitas kultural anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 78-93.

Hasanah, N., & Pratiwi, S. (2021). Efektivitas mendongeng dengan media visual terhadap peningkatan kemampuan bahasa reseptif dan produktif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754-1766.

Kurniawan, D., Sulistyowati, E., & Hidayat, R. (2022). Mendongeng interaktif: Strategi pengembangan aspek pragmatik bahasa pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 17(1), 69-80.

Nur, M. Z., Srininta, L., Tambunan, J. M., Anti, U. D., & Krety, A. (2024). Srategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 745-757.

O'LEARY, Z. (2021). The essential guide to doing your research project. 4th edition, SAGE Publications, Ltd.

Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75-79.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Pradana, P. H., Djamali, F., & Khoiriyah, A. N. (2024). Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 99-108.

Rahmawati, D., & Dwiyanti, L. (2020). Mendongeng sebagai metode pengembangan keterampilan berbahasa pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 190-204.

Rahmawati, I. (2022, April). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. In SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I).“Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indoinesia.

Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3550-3557.

Saida, N. (2018). Bahasa sebagai salah satu sistem kognitif anak usia dini. Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini, 4(2), 16-22.

Widjayatri, R. D., Azzahra, N., Afifah, T. A., Dayanti, L. I., & Safitri, D. (2022, February). Urgensitas Kemampuan Membuat Cerita Anak Bagi Mahasiswa PGPAUD Angkatan 2019 UPI Kampus Serang. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 158-163).

Windari, S., Angraini, D., & Setyaningrum, F. (2023). Pengaruh metode mendongeng terhadap pengembangan literasi awal dan kesadaran fonologis anak usia 3-5 tahun: Studi longitudinal. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 10(2), 154-170.

Yunita, F. T., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui mendongeng dengan media wayang kertas. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 42-50.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Rahma, A., & Anesty Mashudi, E. (2025). MENDONGENG SEBAGAI INTERVENSI PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI: TINJAUAN LITERATUR. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 64–70. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.6076