Analisis Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Congklak Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v7i1.4813Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan sosial siswa saat pembelajaran IPS di SDN 07 Kurnia melalui permainan congklak, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang umum digunakan dalam bidang antropologi budaya. Subjek utama adalah siswa kelas V di SDN 07 Kurnia, dengan total 18 siswa (12 laki-laki dan 6 perempuan), dan subjek pendukung adalah guru wali kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa saat bermain congklak menunjukkan kualitas yang baik, dengan tingkat persentase mencapai 81% dan 85%. Terdapat beberapa siswa yang menampilkan keterampilan sosial yang layak, meskipun mayoritas hanya memenuhi beberapa aspek tertentu. Mayoritas siswa menunjukkan memiliki keterampilan sosial yang baik, dengan sebagian kecil menunjukkan kategori yang cukup. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa termasuk faktor internal seperti tingkat keberanian, kemampuan dalam bergaul, dan kontrol emosi, serta faktor eksternal seperti kondisi keluarga dan interaksi dengan teman sebaya.
References
Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar Mahasiswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 131–148.
Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.
Anggraini, D., & Nugraheni, S. (2024). MENUJU PENDIDIKAN BERKELANJUTAN: IMPLEMENTASI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGS) DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 189–197.
Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Putri, S. R., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 65–76.
Darmansah, T. (2022). Peran Pengawas Pendidikan Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(1), 11–21.
Dharma, D. S. A. (2022). Membaca peran teori ekologi bronfenbrenner dalam menciptakan lingkungan inklusif di sekolah. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 3(2), 115–123.
Dwiyanti, I., Jati, A. A. E., Khamelia, W., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2022). Character Education Through Sisingaan Arts. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1 SE-Articles), 19–26. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i1.826
Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Jais, M., Zalfa, G., & Natuna, D. A. (2022). Permainan congklak sebagai media peningkatan karakter jujur pada anak laki-laki usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10951–10958.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269–279.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan interaksi sosial dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui permainan congklak pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137.
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455.
Siti Anisah, A., Katmajaya, S., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Supriandi, S., & Pujowati, Y. (2024). Analisis Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Keluarga, dan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan terhadap Kemampuan Sosial-Anak Usia Dini di Kota Jakarta. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 2(01), 13–22.
Vygotsky, L. (2019). Collaborative learning. Collaboration, Communications, and Critical Thinking: A STEM-Inspired Path across the Curriculum, 43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)