ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP INPUT YANG HETEROGEN PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO

Authors

  • Kartini Kartini

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk menganalisi metode pembelajaran Bahasa Arab terhadap input yang Heterogen pada Institu Agama Islam IAIN Palopo. fokus penelitian ini adalah; membahasa metode yang digunakan oleh dosen bahasa Arab IAIN Palopo terhadap input yang heterogen, Bagaimana implementasi metode tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, dan teknik evaluasi yang dilakukan dosen bahasa arab IAIN Palopo terhadap mahasiswa yang heterogen. Berdasarkan jenis data, penelitian ini adalah penelitian kualitatif.  Karakteristik penelitian kualitatif antara lain; pertama,  lebih bersifat deskriptif. Kedua, data-data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Ketiga, penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses daripada produk atau outcome. Keempat,   melakukan analisa data secara induktif. Kelima, lebih menekankan makna (data dibalik yang teramati). Dari segi pemaparan data, penelitian ini bercorak deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pada umumnya Dosen bahasa Arab di IAIN Palopo menggunakan lebih dari satu metode pembelajan (metode Ekletik) terhadap input yang heterogen, Meskipun menggunakan metode pembelajaran yang sama, tapi dalam implementasinya, para dosen memiliki kiat yang berbeda. (a).Dosen memberikan hafalan mufradat setiap kali pertemuan (b).Dosen menyamakan persepsi dulu sebelum memulai pembelajaran (c).Melakukan tanya jawab dalam proses perkuliahan. Teknik evaluasi yang digunakan oleh dosen terhadap input yang hetrogen tetap berbentuk lisan dan tulisan dengan tetap mengacu pada empat keterampilan berhasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Kata Kunci: Analisis, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Input Heterogen

References

Daftar Pustaka

Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Pratek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2008

----,----. Analisis Data Pendekatan Kualitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006

Efendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang: Misykat, 2009.

Hamid, Abdul. Mengukur kemampuan bahasa Arab untuk studi Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Haris, Abd. Studi Kontrastif Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab pada Tataran Sintaksis. (laporan Penelitian Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Malang ), 2001.

Hendayana, Sumar. Lesson Study (Suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidikan-pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press, 2007.

Ibrahim, Hamadag, Al-ittijahat al-Mu’ashirah fi tadris al-Lughah al-’Arabiyyah wa al- Lughah al-Hayyah al-Ukhra Lighairi Natiqina biha, Dar al-fikri, Kairo, 1987

Majid, Sholah Abdul. Ta’alum al-Loghah al-Hayyah wa Ta’limuha Baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq, (Maktabah Lubnan, Beirut, 1981)

Mujib, Fathul. , Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia, 2010

Nawawi, Hadari. Metodologi Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.

Nur, Muhammad. Pengajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya, Unesa Universiy Press, 2004.

Majid, Sholah Abdul. Ta’alum al-Loghah al-Hayyah wa Ta’limuha Baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq, (Maktabah Lubnan, Beirut, 1981)

Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation Methods, Beverly Hills: Sage Publications, 1987.

Purwo, Bambang Kaswanti. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Purwo, Bambang Kaswanti dkk. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.

Rahardjo, Mudjia. Sosiologi Pedesaan Studi Perubahan Sosial. Malang: UIN Malang Press, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2006.

Sirajuddin, Heppi. Analisis metode pembelajaran bahasa Arab pada madrasah tsanawiyah pondok pesantren DDI Kaballangan Kab. Pinrang, Laporan Penelitian, Fakultas Sastra Unhas, 2011.

Subiyakto, Sri Utari Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Sumardi, Muljanto. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.

Syafi’ie, Imam. Terampil Berbahasa Indonesia 1; Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996.

Tarigan, H.G. Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 1988.

----,----,. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 2009

Thua’imah, Rusydi Ahmad. Ta’lim al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 1989.

----,----. Thariq Tadris al-lughah al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 2003.

Uno, Hamzah, B. Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Zaenuddin, Radliyah. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2007.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Kartini, K. (2019). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP INPUT YANG HETEROGEN PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1). https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207

Citation Check