ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP INPUT YANG HETEROGEN PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207Abstract
Penelitian ini berujuan untuk menganalisi metode pembelajaran Bahasa Arab terhadap input yang Heterogen pada Institu Agama Islam IAIN Palopo. fokus penelitian ini adalah; membahasa metode yang digunakan oleh dosen bahasa Arab IAIN Palopo terhadap input yang heterogen, Bagaimana implementasi metode tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, dan teknik evaluasi yang dilakukan dosen bahasa arab IAIN Palopo terhadap mahasiswa yang heterogen. Berdasarkan jenis data, penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karakteristik penelitian kualitatif antara lain; pertama, lebih bersifat deskriptif. Kedua, data-data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Ketiga, penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses daripada produk atau outcome. Keempat,  melakukan analisa data secara induktif. Kelima, lebih menekankan makna (data dibalik yang teramati). Dari segi pemaparan data, penelitian ini bercorak deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pada umumnya Dosen bahasa Arab di IAIN Palopo menggunakan lebih dari satu metode pembelajan (metode Ekletik) terhadap input yang heterogen, Meskipun menggunakan metode pembelajaran yang sama, tapi dalam implementasinya, para dosen memiliki kiat yang berbeda. (a).Dosen memberikan hafalan mufradat setiap kali pertemuan (b).Dosen menyamakan persepsi dulu sebelum memulai pembelajaran (c).Melakukan tanya jawab dalam proses perkuliahan. Teknik evaluasi yang digunakan oleh dosen terhadap input yang hetrogen tetap berbentuk lisan dan tulisan dengan tetap mengacu pada empat keterampilan berhasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
Kata Kunci: Analisis, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Input HeterogenReferences
Daftar Pustaka
Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Pratek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2008
----,----. Analisis Data Pendekatan Kualitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006
Efendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Malang: Misykat, 2009.
Hamid, Abdul. Mengukur kemampuan bahasa Arab untuk studi Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Haris, Abd. Studi Kontrastif Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab pada Tataran Sintaksis. (laporan Penelitian Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Malang ), 2001.
Hendayana, Sumar. Lesson Study (Suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidikan-pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press, 2007.
Ibrahim, Hamadag, Al-ittijahat al-Mu’ashirah fi tadris al-Lughah al-’Arabiyyah wa al- Lughah al-Hayyah al-Ukhra Lighairi Natiqina biha, Dar al-fikri, Kairo, 1987
Majid, Sholah Abdul. Ta’alum al-Loghah al-Hayyah wa Ta’limuha Baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq, (Maktabah Lubnan, Beirut, 1981)
Mujib, Fathul. , Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia, 2010
Nawawi, Hadari. Metodologi Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.
Nur, Muhammad. Pengajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya, Unesa Universiy Press, 2004.
Majid, Sholah Abdul. Ta’alum al-Loghah al-Hayyah wa Ta’limuha Baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq, (Maktabah Lubnan, Beirut, 1981)
Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation Methods, Beverly Hills: Sage Publications, 1987.
Purwo, Bambang Kaswanti. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Purwo, Bambang Kaswanti dkk. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.
Rahardjo, Mudjia. Sosiologi Pedesaan Studi Perubahan Sosial. Malang: UIN Malang Press, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2006.
Sirajuddin, Heppi. Analisis metode pembelajaran bahasa Arab pada madrasah tsanawiyah pondok pesantren DDI Kaballangan Kab. Pinrang, Laporan Penelitian, Fakultas Sastra Unhas, 2011.
Subiyakto, Sri Utari Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Sumardi, Muljanto. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.
Syafi’ie, Imam. Terampil Berbahasa Indonesia 1; Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996.
Tarigan, H.G. Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 1988.
----,----,. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 2009
Thua’imah, Rusydi Ahmad. Ta’lim al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 1989.
----,----. Thariq Tadris al-lughah al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 2003.
Uno, Hamzah, B. Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Zaenuddin, Radliyah. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.