ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP INPUT YANG HETEROGEN PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO

Authors

  • Kartini Kartini

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207

Keywords:

Analisis, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Input Heterogen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Bahasa Arab terhadap input yang heterogen pada Institut Agama Islam IAIN Palopo. Fokus penelitian ini adalah membahas metode yang digunakan oleh dosen bahasa Arab IAIN Palopo terhadap input yang heterogen, bagaimana implementasi metode tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, dan teknik evaluasi yang dilakukan dosen bahasa Arab IAIN Palopo terhadap mahasiswa yang heterogen. Berdasarkan jenis data, penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karakteristik penelitian kualitatif antara lain: pertama, lebih bersifat deskriptif. Kedua, data-data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka. Ketiga, penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses daripada produk atau outcome. Keempat, melakukan analisis data secara induktif. Kelima, lebih menekankan makna (data dibalik yang teramati). Dari segi pemaparan data, penelitian ini bercorak deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pada umumnya dosen bahasa Arab di IAIN Palopo menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran (metode eklektik) terhadap input yang heterogen. Meskipun menggunakan metode pembelajaran yang sama, dalam implementasinya, para dosen memiliki kiat yang berbeda: (a) dosen memberikan hafalan mufradat setiap kali pertemuan; (b) dosen menyamakan persepsi dulu sebelum memulai pembelajaran; (c) melakukan tanya jawab dalam proses perkuliahan. Teknik evaluasi yang digunakan oleh dosen terhadap input yang heterogen tetap berbentuk lisan dan tulisan dengan tetap mengacu pada empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Kata Kunci: Analisis, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Input Heterogen

References

Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2008.

Bungin, Burhan. Analisis Data Pendekatan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.

Efendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.

Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Haris, Abd. Studi Kontrastif Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab pada Tataran Sintaksis. (Laporan Penelitian Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Malang), 2001.

Hendayana, Sumar. Lesson Study (Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan-Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press, 2007.

Ibrahim, Hamadag. Al-ittijahat al-Muasirah fi Tadris al-Lughah al-Arabiyyah wa al-Lughah al-Hayyah al-Ukhra Lighairi Natiqina biha. Dar al-Fikri, Kairo, 1987.

Majid, Sholah Abdul. Taalum al-Loghah al-Hayyah wa Taalimuha Baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq. Maktabah Lubnan, Beirut, 1981.

Mujib, Fathul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Nawawi, Hadari. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.

Nur, Muhammad. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press, 2004.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, 1987.

Purwo, Bambang Kaswanti. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Purwo, Bambang Kaswanti, dkk. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.

Rahardjo, Mudjia. Sosiologi Pedesaan Studi Perubahan Sosial. Malang: UIN Malang Press, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sirajuddin, Heppi. Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Kaballangan Kab. Pinrang. Laporan Penelitian, Fakultas Sastra Unhas, 2011.

Subiyakto, Sri Utari Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Sumardi, Muljanto. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1992.

Syafiie, Imam. Terampil Berbahasa Indonesia 1; Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996.

Tarigan, H.G. Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 1988.

Tarigan, H.G. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa, 2009.

Thuaimah, Rusydi Ahmad. Talim al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 1989.

Thuaimah, Rusydi Ahmad. Thariq Tadris al-Lughah al-Arabiyyah li Gair al-Nathiqin biha. Isisku: Riyad, 2003.

Uno, Hamzah, B. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Zaenuddin, Radliyah. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2007.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Kartini, K. (2019). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP INPUT YANG HETEROGEN PADA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 25–45. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207

Citation Check