BAHASA ARAB DIANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1208Abstract
Bahasa Arab sebagai bahasa yang paling dekat dengan Semit. Bahasa ini mempunyai posisi yang lebih dibanding bahasa-bahasa lain dari rumpun bahasa Semit. Bahasa Arab termasuk bahasa yang paling banyak dipakai sekarang ini. Penuturnya bukan hanya umat Islam tapi di luar agama Islam juga. Semit adalah salah satu rumpun bahasa yang dinisbahkan kepada salah satu putra nabi Nuh a.s. yaitu Syam bin Nuh. Dalam riwayat dikatakan bahwa nabi Nuh mempunyai tiga anak yakni Syam (Semit), Yafit (Aramiyah) dan Ham (Hamiyah). Bahasa-bahasa yang dimasukkan dalam rumpun-rumpun Semit mengalami perkembangan. Sebagian dari bahasa-bahasa ini mengalami kemajuan sampai kepada kepunahan seperti Akkadian. Sedangkan yang lainnya, meskipun tidak mengalami kepunahan akan tetapi penuturnya tidak lagi menjadi bangsa yang besar. Bahasanya hanya dipakai oleh sebagian kecil orang saja, seperti Aramik. Hanya bahasa Arab, salah satu bahasa dari rumpun Semit juga yang mampu bertahan ribuan tahun dan penuturnya semakin berkembang sampai sekarang ini. Kesimpulan terakhir yang paling mendekati kebenaran adalah bahasa Arab mewakili rumpun-rumpun yang lain, baik dari aspek sumber asal Semit itu sendiri sampai kepada perkembangannya di dunia modern sekarang ini.
References
Al-Hamdu, Muhammad bin Ibrahim. Fiqh Lugah Mafhumuhu Maudhuahu Qadhayahu. Cet. I; Riyadh: Dar Ibn Khuzaimah, 1426 H – 2005 M.
Al-Samirrai, Ibrahim. Fiqh Lughah al-Muqaran. Beirut: Dar al-Tsaqafah al-Islamiyah, t.th.
Al-Wafi, Ali Abd. al-Wahid. Ilmu al-Lugha. Cet. V; Mesir: Maktabah Nahdha Misri al-Fajalah, 1382 H/ 1962 M.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Kasim, Amrah. Bahasa Arab di Tengah-Tengah Bahasa Dunia. Cet. I; Kota Kembang: Yogyakarta, 2009.
Mukhtar, Ghazy. Fii Ilmi al-Lughah. Cet. II; Damaskus: Dar Thalas, t.th.
Yaqub, Imil Badi. Fiqh Lugah wa Khashaishuha. Beirut: Dar al-Tsaqafah al-Islamiyah, Beirut, t.th.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.