BAHASA ARAB DIANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT

Authors

  • Mustafa Mustafa IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1208

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa yang paling dekat dengan Semit. Bahasa ini mempunyai posisi yang lebih dibanding bahasa-bahasa lain dari rumpun bahasa Semit. Bahasa Arab termasuk bahasa yang paling banyak dipakai sekarang ini. Penuturnya bukan hanya umat Islam tapi di luar agama Islam juga. Semit adalah salah satu rumpun bahasa yang dinisbahkan kepada salah satu putra nabi Nuh a.s. yaitu Syam bin Nuh. Dalam riwayat dikatakan bahwa nabi Nuh mempunyai tiga anak yakni Syam (Semit), Yafit (Aramiyah) dan Ham (Hamiyah). Bahasa-bahasa yang dimasukkan dalam rumpun-rumpun Semit mengalami perkembangan. Sebagian dari bahasa-bahasa ini mengalami kemajuan sampai kepada kepunahan seperti Akkadian. Sedangkan yang lainnya, meskipun tidak mengalami kepunahan akan tetapi penuturnya tidak lagi menjadi bangsa yang besar. Bahasanya hanya dipakai oleh sebagian kecil orang saja, seperti Aramik. Hanya bahasa Arab, salah satu bahasa dari rumpun Semit juga yang mampu bertahan ribuan tahun dan penuturnya semakin berkembang sampai sekarang ini. Kesimpulan terakhir yang paling mendekati kebenaran adalah bahasa Arab mewakili rumpun-rumpun yang lain, baik dari aspek sumber asal Semit itu sendiri sampai kepada perkembangannya di dunia modern sekarang ini.

Kata Kunci: Bahasa Arab, Rumpun Bahasa, Bahasa Semit

References

Daftar Pustaka

Al-Hamdu, Muhammad bin Ibrahim. Fiqh Lugah Mafhumuhu Maudhu’ahu Qadhayahu. Cet. I; Riyadh: Dar Ibn Khuzaimah, 1426 H – 2005 M.

al-Samirrai, Ibrahim. Fiqh Lughah al-Muqaran. Beirut : Dar al-Tsaqafah al-Islamiyah, t.th.

Al-Wafi, Ali Abd. al-Wahid. Ilmu al-Lugha. Cet. V; Mesir: Maktabah Nahdha Misri al-Fajalah, 1382 H/ 1962 M).

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

http://ukonpurkonudin.blogspot.com/2010/10/rumpun-rumpun-bahasa-semit.html. Diakses pada tanggal 30 Mei 2019.

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=19&jd=Mempertahankan+Bahasa+Arab%2C+Bahasa+Abadi&dn=20080816111241. Diakses pada tanggal 29 Mei 2019.

Kasim, Amrah. Bahasa Arab di Tengah-Tengah Bahasa Dunia. Cet. I; Kota Kembang: Yogyakarta, 2009.

Mukhtar, Ghazy. Fii Ilmi al-Lughah. Cet. II; Damaskus: Dar Thalas, t. th.

Ya’qub, Imil Badi’. Fiqh Lugah wa Khashaishuha. Beirut : Dar al-Tsaqafah al-Islamiyah, Beirut, t.th.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Mustafa, M. (2019). BAHASA ARAB DIANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1). https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1208

Citation Check