BAHASA ARAB DAN STATUS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN PEMBELAJARAN

Authors

  • H. Fakhriannor Fakhriannor UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1214

Keywords:

Bahasa Arab, Status Sosial, Perspektif al-Quran

Abstract

Sosiolinguistik sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dan masyarakat. Salah satu ruang lingkup pembahasannya adalah hubungan antara bentuk-bentuk bahasa dengan penggunaannya untuk fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat yang tentunya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kesejukan dalam berkomunikasi sesama anggota masyarakat. Sebagai bahasa Internasional dan lebih khusus sebagai bahasa umat Islam, Bahasa Arab dan penggunaannya dalam tingkat stratifikasi sosial seseorang sangat diperhatikan. Penggunaan redaksi kata dalam Bahasa Arab tidak lepas dari perspektif al-Qur'an itu sendiri, baik dalam hal pandangannya terhadap kedudukan sosial, maupun pandangannya tentang penggunaannya kepada obyek bicara (mukhatab) yang mempunyai tingkat stratifikasi yang berbeda. Dalam pandangan Islam, perbedaan strata sosial bukan untuk menciptakan kesenjangan sosial, melainkan diharapkan menjadi dasar dalam membangun masyarakat seimbang yang merupakan salah satu tujuan kedatangan Islam. Perjuangan panjang Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban manusia akhirnya berbuah manis, dimana di akhir hayatnya beliau sempat menyaksikan suatu realitas yang ideal bagi masyarakat Islam, yakni masyarakat Madani (civil society).

References

Ali al-Khulli, Muhammad. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PSIBA UPI, 2002.

Chaer, Abdul. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Greets, Clifford. Abangan Santri Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 1981.

Quraish Shihab, M. Wawasan al-Qur'an. Bandung: Mizan, 2007.

Scharf, Betty R. Sosiologi Agama, terj. Machnun Husein, Ed. 2, Cet. 1. Jakarta: Kencana, 2004.

Rahim, Abd. Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 3, No. 1, April 2013, ISSN: 2089-0192.

Syani, Abdul. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan, Cet. 3. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Cet. XIV. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Atabak Ali wa Ahmad Zahdi Mahzhar. Kamus "Krapiak" al-Asri Arab-Indonesi. Yogykarta: Muassasah Ali Ma'sum Ma'had Krapiak Islamiy, tanpa tahun.

Rashidi Ahmad Ta'ima. Ta'lim al-Arabiyyah li Ghair al-Natiqin biha. Rabat, Mesir: ISESCO 1410 H/1989 M.

Nasir Abdullah al-Ghali wa Abd al-Hamid Abdullah. Usus I'adad al-Kutub al-Taalimiyyah li Ghair al-Natiqin biha. Riyadh: Dar al-Ghali, 1991 M.

Downloads

Published

2019-07-05

How to Cite

Fakhriannor, H. F. (2019). BAHASA ARAB DAN STATUS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN PEMBELAJARAN. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 56–69. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1214

Citation Check