BAHASA ARAB DAN STATUS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1214Keywords:
Bahasa Arab, Status Sosial, Perspektif al-QuranAbstract
Sosiolinguistik sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dan masyarakat. Salah satu ruang lingkup pembahasannya adalah hubungan antara bentuk-bentuk bahasa dengan penggunaannya untuk fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat yang tentunya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kesejukan dalam berkomunikasi sesama anggota masyarakat. Sebagai bahasa Internasional dan lebih khusus sebagai bahasa umat Islam, Bahasa Arab dan penggunaannya dalam tingkat stratifikasi sosial seseorang sangat diperhatikan. Penggunaan redaksi kata dalam Bahasa Arab tidak lepas dari perspektif al-Qur'an itu sendiri, baik dalam hal pandangannya terhadap kedudukan sosial, maupun pandangannya tentang penggunaannya kepada obyek bicara (mukhatab) yang mempunyai tingkat stratifikasi yang berbeda. Dalam pandangan Islam, perbedaan strata sosial bukan untuk menciptakan kesenjangan sosial, melainkan diharapkan menjadi dasar dalam membangun masyarakat seimbang yang merupakan salah satu tujuan kedatangan Islam. Perjuangan panjang Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban manusia akhirnya berbuah manis, dimana di akhir hayatnya beliau sempat menyaksikan suatu realitas yang ideal bagi masyarakat Islam, yakni masyarakat Madani (civil society).
References
Ali al-Khulli, Muhammad. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PSIBA UPI, 2002.
Chaer, Abdul. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Greets, Clifford. Abangan Santri Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 1981.
Quraish Shihab, M. Wawasan al-Qur'an. Bandung: Mizan, 2007.
Scharf, Betty R. Sosiologi Agama, terj. Machnun Husein, Ed. 2, Cet. 1. Jakarta: Kencana, 2004.
Rahim, Abd. Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 3, No. 1, April 2013, ISSN: 2089-0192.
Syani, Abdul. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan, Cet. 3. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Cet. XIV. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Atabak Ali wa Ahmad Zahdi Mahzhar. Kamus "Krapiak" al-Asri Arab-Indonesi. Yogykarta: Muassasah Ali Ma'sum Ma'had Krapiak Islamiy, tanpa tahun.
Rashidi Ahmad Ta'ima. Ta'lim al-Arabiyyah li Ghair al-Natiqin biha. Rabat, Mesir: ISESCO 1410 H/1989 M.
Nasir Abdullah al-Ghali wa Abd al-Hamid Abdullah. Usus I'adad al-Kutub al-Taalimiyyah li Ghair al-Natiqin biha. Riyadh: Dar al-Ghali, 1991 M.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.