Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia pada Pembelajaran Bahasa Arab Isim Dhomir Kelas VII MTs. Olang

Authors

  • Muhaemin Muhaemin IAIN Palopo
  • Anggreni Sri Wahyuni IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2504

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah proses pengembangan media interaktif macromedia flash pada pembelajaran bahasa Arab Isim Dhomir, 2) Bagaimanakah kevalidan pengembangan media interaktif  macromedia flash pada pembelajaran bahasa Arab Isim Dhomir.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D), dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat tiga tahap penelitian yaitu 1) analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan.Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia  untuk mata pelajaran bahasa Arab isim dhomir memenuhi kriteria valid dengan hasil uji coba ahli media mencapai tingkat kevalidan 88,57 dan ahli materi menapai kevalidan 87,5. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk di uji digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Interaktif

References

Daftar Pustaka

المحلي، محمدين أحمد، وعبدالرحمن ابي بكرالسيوطي. تÙسير الجلالين. دار الكتب العلمية، 1995.

العربي، صالح عبد المجيد، وعبد العزيز محمد العقيلي. معامل اللغات وأثرهاÙÙŠ تنميةالمهارات اللغوية.الرياض دار المريح, 1986.

ALFIYANA, N. A. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Bab Sholat Jum’at Di Mtsn 3 Nganjuk.

Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.

Anis, S. (2015). Pengembangan bahan ajar bahasa arab bergambar untuk siswa kelas IV MIN Klagenserut Jiwan madiun. [PhD Thesis]. STAIN Ponorogo.

Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Arsyad, Ashar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Borg &, Gall. Edicational Research, An Introduction. New York and London; Longman

Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2010). Pembelajaran bahasa asing metode tradisional dan kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.

Fatchurrozaq, I. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Bahasa Arab Berperspektif Gender Bagi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 193–221.

Firdaus, L. (2006). Komik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. dalam Jurnal Al ‘Arabiyah, 3(1).

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Maula, I. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menjawab Soal-Soal Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Arab Kelas VIII E MTs Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1).

Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (studi pada sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126.

Nurhayati, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gesek. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 131–140.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.

Pamessangi, Andi Arif. "Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo." AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education 2.1 (2019).

Pamessangi, Andi Arif. "تطبيق تعليم اللغة الجماعة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية." لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9.2 (2020): 299-308.‎

Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Inc, 1983.

Richey, R. C. (2008). Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field.

Rosyid, U. S. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Cetak Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Al Hidayah Kelas I Tahun Pelajaran 2013/2014). E-Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1).

Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi pengajaran.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Muhaemin, M., & Wahyuni, A. S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia pada Pembelajaran Bahasa Arab Isim Dhomir Kelas VII MTs. Olang. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 4(1). https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2504

Citation Check