Penerapan Metode Permainan Domino dalam Pembelajaran Kosakata pada Santri Taman Pendidikan al Quran TPA al Furqon Mario Baebunta Luwu Utara

Authors

  • Mardi Takwim IAN Palopo
  • Rukman Said IAIN Palopo
  • Murdiati Murdiati IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2505

Keywords:

metode permainan domino, kosakata, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman santri terhadap penguasaan kosakata pada mata pelajaran tambahan bahasa arab di taman pendidikan Al Quran Al Furqon Mario, baebunta. Hal ini disebabkan karena asumsi santri terhadap pembelajaran bahasa arab itu sangat susah untuk dipelajari. Selain itu disebabkan juga karena belum tersedia media pembelajaran yang menyenangkan yang  dapat menambah minat belajar santri. Akibatnya pemahaman  kosakata bahasa arab santri kurang. 

Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman kosakata bahasa di taman pendidikan Al-Quran alfurqon mario, baebunta, luwu utara sebelum penerapan metode kartu domino. (2) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman kosakata bahasa arab di taman pendidikan Al-Quran al-furqon mario, baebunta, luwu utara sebelum penerapan metode kartu domino

Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah santri yang aktif mengikut pembelajaran dan bisa membaca Al-Quran pada mata pelajaran tambahan bahasa arab materi tentang adawatul madrosiyyah. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi dan  dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar bahasa arab, sedangkan observasi, dokumentasi dan wawancara digunakan untuk mencari data tambahan yang dapat menunjang hasil penelitian ini. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, apabila penguasaan materi peserta didik mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 60.

Hasi l penelitian dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar santri mulai dari pre-test, post tes siklus 1, sampai post tes siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai santri 21,42% (pre-test), 54,28% (post-test siklus 1), dan 67.14% (post-test siklus 2). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode kartu domino dalam pembelajaran kosakata bahasa arab santri di taman pendidikan Al-Quran al-Furqon mario. Baebunta, luwu utara  telah berhasil karena telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.

 

References

Anis, S. (2015). Pengembangan bahan ajar bahasa Arab bergambar untuk siswa kelas IV MIN Klagenserut Jiwan Madiun. [PhD Thesis]. STAIN Ponorogo.

Arifuddin, A. (2018). Pengaruh profesionalitas guru terhadap perkembangan potensi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. Al-Qayyimah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (Kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Arsyad, Ashar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Borg, W. R., & Gall, M. D. Educational Research: An Introduction. New York and London: Longman.

Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2010). Pembelajaran bahasa asing metode tradisional dan kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.

Fatchurrozaq, I. K. (2018). Pengembangan bahan ajar modul bahasa Arab berperspektif gender bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 193–221.

Firdaus, L. (2006). Komik sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Dalam Jurnal Al-Arabiyah, 3(1).

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Kamsinah, Kamsinah. Metode dalam proses pembelajaran: Studi tentang ragam dan implementasinya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2008. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a8.

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Maula, I. (2014). Analisis kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal lembar kerja siswa (LKS) bahasa Arab kelas VIII E MTs Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1).

Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (studi pada sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126.

Nik Hanan, M., & Rabiatul Aribah, M. I. Arabic vocabulary learning strategies among non-native speakers: A case of IIUM. Global Journal Al Thaqafah, 4(2) (2014): 123–31. https://doi.org/10.7187/gjat722014.04.02.

Munawwir, KH Ahmad Wilson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Penerbit, tanpa tahun.

Nurhayati, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gesek. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 131–140.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik online sebagai media penyuluhan agama Hindu bagi generasi milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.

Pamessangi, Andi Arif. Analisis kesulitan belajar bahasa Arab mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab IAIN Palopo. Al-Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 2019.

Rahmani, Naila Fauzia. Pengembangan media interaktif PowerPoint dalam pembelajaran wayang untuk siswa SMP kelas VIII d. Yogyakarta. Skripsi: Universitas Yogyakarta, 2004.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Inc, 1983.

Richey, R. C. (2008). Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field.

Rosyid, U. S. (2014). Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui media cetak pada mata pelajaran aqidah akhlak (penelitian tindakan kelas di MTs Al Hidayah kelas I tahun pelajaran 2013/2014). E-Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1).

Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi pengajaran.

Sukardi. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Cet. I. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2003.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi kedua. Kencana.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Takwim, M., Said, R., & Murdiati, M. (2024). Penerapan Metode Permainan Domino dalam Pembelajaran Kosakata pada Santri Taman Pendidikan al Quran TPA al Furqon Mario Baebunta Luwu Utara. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 4(1), 08–15. https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2505

Citation Check