Efektifitas Program Remedial Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Empat MI al Ikhlas Asadiyah 303 Tanete Lampee Malangke Barat

Authors

  • Firman Muhammad Arif IAIN Palopo
  • Musdalifah Musdalifah IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2510

Keywords:

Program Remedial, Keterampilan Membaca, Paired Sample T-Test

Abstract

Permasalahan yang dikemukaan dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan program remedial untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 4 MI Al-ikhlas Asadiyah 303 Tanete Lampee, 2) apakah program remedial terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas empat MI Al-Ikhlas Asadiyah 303 Tanete Lampee, Malangke Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Kelompok eksperimen pada penelitian ini adalah kelas empat MI Al-Ikhlas Asadiyah 303 Tanete Lampee. instrument yang digunakan berupa Rubrik penilaian keterampilan membaca Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan program remedial untuk memperbaiki keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa arab dilaksanakan setelah berakhirnya jam sekolah. Alokasi waktunya sekitar 30 menit sejak pukul 12.40-13.10 WITA. Program ini dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. 2) Program remedial terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Pembuktian ini dilakukan dengan Uji Paired Sample T-Test menggunakan aplikasi SPSS.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agama RI, Departemen. Al-Hikmah Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2010.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Ludin, Pedral. Efektifitas Remedial dan Pengayaan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X Adi Sma Pgri 1 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Institut Agama Islam NegeriIntan Lampung, 2017.

Pamessangi, Andi Arif. "Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo." AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education 2.1 (2019).

Pamessangi, Andi Arif. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9.2 (2020): 299-308.

Rahman Abror, Abd. Psikologi Pendidikan. Cet.IV; Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993.

Slamet, Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa, Jurnal An-Nuha Vol. 2 No. 1, 2015.

W. Young, Henry. Perceived Lack of Teacher Empathy and Remedial Classroom Conflicts. Disertasi Nova Southearsten University, 2016.

Wawancara dengan ibu Isma (guru bahasa arab), tanggal 13 juni 2019, di Tanete Lampee Kec. Malangke Barat, pukul 11.00 WITA.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Arif, F. M., & Musdalifah, M. (2024). Efektifitas Program Remedial Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Empat MI al Ikhlas Asadiyah 303 Tanete Lampee Malangke Barat. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2510

Citation Check