Pengembangan Teknologi Cetak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2512Abstract
ABSTRAK
Permasalahan krusial yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa arab yaitu keterbatasan media yang ada atau dengan kata lain keterbatasan dalam menyediakan media pembelajaran bahasa arab. Problematika tersebut menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar bahasa arab peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab peserta didik yakni dengan melakukan sistem pembelajaran yang menarik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pengembangan teknologi cetak dalam pembelajaran bahasa arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan teknologi cetak atau bahan cetak dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun hasil pembahasan penelitian ini yaitu model teknologi cetak yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa arab meliputi buku teks, artikel ilmiah, lembar kerja siswa, modul pembelajaran dan komik. Teknologi cetak tersebut memiliki peranan esensial dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab. Â Implikasi dari penelitian ini yaitu tenaga pendidik dapat melakukan inovasi penyajian teknologi cetak atau bahan cetak pembelajaran bahasa arab sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Inovasi teknologi cetak pembelajaran bahasa arab tersebut disesuaikan kebutuhan peserta didik.
Kata Kunci   : Teknologi Cetak , Pembelajaran Bahasa Arab
References
Daftar pustaka
ALFIYANA, N. A. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Bab Sholat Jum’at Di Mtsn 3 Nganjuk.
Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.
Anis, S. (2015). Pengembangan bahan ajar bahasa arab bergambar untuk siswa kelas IV MIN Klagenserut Jiwan madiun. [PhD Thesis]. STAIN Ponorogo.
Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.
Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2010). Pembelajaran bahasa asing metode tradisional dan kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.
Fatchurrozaq, I. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Bahasa Arab Berperspektif Gender Bagi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 193–221.
Firdaus, L. (2006). Komik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. dalam Jurnal Al ‘Arabiyah, 3(1).
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.
Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).
Maula, I. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menjawab Soal-Soal Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Arab Kelas VIII E MTs Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1).
Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (studi pada sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126.
Nurhayati, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gesek. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 131–140.
Pamessangi, Andi Arif. "Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo." AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education 2.1 (2019).
Pamessangi, Andi Arif. "تطبيق تعليم اللغة الجماعة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية." لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9.2 (2020): 299-308.‎
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.
Richey, R. C. (2008). Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field.
Rosyid, U. S. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Cetak Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Al Hidayah Kelas I Tahun Pelajaran 2013/2014). E-Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1).
Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi pengajaran.
Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.