Pengembangan Media Game Arabic Word Quiz dalam Pembelajaran Kosakata (Mufradat) Siswa Kelas VII MTs Darul Istiqamah Cilallang
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2911Abstract
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu agar mengetahui rancangan pengembangan media game Arabic word quiz dalam pembelajaran kosakata (mufrodat) siswa, dan agar dapat mengetahui apakah pengembangan media game Arabic word quiz dalam pembelajaran kosakata (mufrodat) siswa kelas VII MTs Darul Istiqamah Cilallang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap. Namun penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap yakni sampai pada tahap pengembangan agar peneliti lebih fokus dalam mengembangkan produk, juga menghemat waktu dan biaya. Hasil analisis data kevalidan pada media game Arabic word quiz diperoleh persentase skor sebesar 90,045% dan dinyatakan memenuhi kriteria valid melalui uji validitas. Adapun hasil analisis data kepraktisan media game Arabic word quiz diperoleh persentase skor sebesar 92,856% dan dinyatakan praktis melalui angket uji praktikalitas.
Kata kunci: Media Game Arabic Word Quiz, MufradatReferences
Daftar Pustaka
Noer Azizah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sharaf Bahasa Arab Berbasis Android. Skripsi: Yogyakarta, Universitas Sunan Kalijaga.
Rifqi Fahrizal. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuis Tarjamah Arab-Indonesia Berbasis Android Berdasarkan Buku Tadribat Tarjamah Arab-Indonesia.. Skripsi: Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah.
Moh Hirzi Muharriki. (2017). Pengembangan Game Arabic Vocabularies berbasis Android untuk Siswa Kelas X MAN Gondanglegi Malang. Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Neni Hasnunidah. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. 1, Yogyakarta: Media Akademi.
Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.
Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). منهج شعبة تدريس اللغة العربية بناء على الوسطية الدينية ي٠اجلامعات اإلسالمية اØلكومية بسوالويسي اجلنوبية. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16-34.‎
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.
Pamessangi, A. A. (2021). Istirâtîjiyyah Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala Asâsi Khasâ’is al-Ṭalabah. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(02), 138-154.
Pamessangi, A. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 117-128.
Pamessangi, A. A. (2022). Developing Arabic Language Textbooks Based on Religious Moderation in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 147-156.
Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.
Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.
Suharsini Arikunto. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.