Musykilat Taqwim Ta’lim al-Lugah al-‘Arabiyyah wa Hillu laha fii al-Fasl al-‘Asyir al-Madrasah al-‘Aliyah al-Hukumiyyah Palopo
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.363Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangakan metode analisis datanya adalah deskriptif, yang menggambarkan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus penelitian ini. Hasil penelitian adalah (1) model evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah evaluasi dasar kelas secara bekelanjutan. (2) Bentuk evaluasi yang dipergunakan oleh guru bahasa Arab adalah penggunaan dua bentuk tes saja dari jenis-jenis evaluasi. (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah masalah teknis pada uji ambang batas dari nilai 75 standar utuk dijadikan sempurna atau lengkap yang terasa berat bagi kebanyakan pengajar. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan sistem penjadwalan sehingga waktu terdengar cukup untuk menguji peserta didik dan memberikan tugas tambahan bagi mereka yang memiliki program remedial karena mereka belum mencapai minimum.
Kata kunci: Problematika pembelajaran bahasa ArabReferences
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya, 2009.
Muhajir, As’Aril. Ilmu Pendidikan Perpektif Kontekstual. Cet, 1; Jogjalarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Mujib, Fathul. Rekontruksi Pendidikan Bahasa Arab dari Pendekatan Konvensional ke Integrative Humanis. Yogyakarta: Bintang: Pustaka Abadi 2010.
Mulyasa, E. Standar Kompotensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya 2007.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Seputar pendidikan 003.blogspot.com/2010/06/Pentingnya Evaluasi Pembelajaran.html 09 september 2014.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet VII Jakarta: Raja Grafindo Persada 2009.
Sukmara, Dewi. Implementasi Life Skill dalam KTSP. Bandung; Mughni Sejahtera, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dalam Pendekatan Baru. Cet.XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.