Fa'aliyyah Isti'mal al-Wasail al-Sam'iyyah wa al-Mar'iyyah li Tanmiyah Maharah al-Istima' fi Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyyah bi al-Madrasah al-Tsanawiyah as-'Adiyah Pengkendekan bi Al-Fashl al-Tsamin fi Luwu al-Syimaliyah

Authors

  • Rukman AR Said IAI Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.365

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Peneliti ini menggunakan desain  penelitian pre- experiment. Pre experiment digunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan skema sebagai berikut : tes awal (Pretest)          menggunakan media audio visual    tes akhir (Posttes ).Setelah analisis data pada tes siswa, menunjukkan tcount (to) dengan nilai (103,6) lebih tinggi dari ttable(tt) = 2,76  pada taraf signifikan 1% dan 2,05  pada taraf signifikasi 5%. Karena hasil to statistik = 103,6 lebih besar dari tingkat hasil 5% = 2,05 begitu juga pada taraf 1% = 2,76. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media audio visual dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab  siswa di MTs As-‘Adiyah Pengkendekan kelas VIII di Luwu Utara.

Kata Kunci: penggunaan media audio visual, keterampilan menyimak.

References

???? ???? ?????? ???????? ??????? ?????? ?????? ???????. ?????? ??????? ??????: ?????????? 1413.

???? ??? ??????? ??????? ??????????. ?????? ?????? :...?2001 ?.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. I; Yogyakarta: Pustak Pelajar, 2003.

Hasanuddin, Muhammad Irfan. Metodologe Pembelajaran Bahasa Arab:On Going Research. Cet. I; Palopo: Lembaga Penerbitan STAIN (LPS) STAIN Palopo, 2010.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

Munadi, Yudi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Cet. I; GP Press Group, 2013.

Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Rosyidi, Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Cet. II; UIN-MALIKI PRESS, 2012.

Sadiman, Arief S. dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Cet. 16; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Said, R. A. (2018). Fa’aliyyah Isti’mal al-Wasail al-Sam’iyyah wa al-Mar’iyyah li Tanmiyah Maharah al-Istima’ fi Ta’lim al-Lugah al-’Arabiyyah bi al-Madrasah al-Tsanawiyah as-’Adiyah Pengkendekan bi Al-Fashl al-Tsamin fi Luwu al-Syimaliyah. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 1(1), 57–72. https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.365

Citation Check