Analisis Praktik Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap terhadap Guru di Sekolah

Authors

  • Fitriani IAIN PAREPARE, Indonesia
  • Herdah IAIN PAREPARE, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.5779

Keywords:

evaluasi, pembelajaran, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, pengetahuan, keterampilan, sikap

Abstract

Evaluasi pembelajaran sangat penting untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Evaluasi menjadi alat untuk mengukur hasil belajar peserta didik, mencakup ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara tidak terstruktur dan observasi terhadap guru mata pelajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dilakukan melalui tes dan non tes dengan mempertimbangkan ketiga ranah penilaian. Hasil evaluasi dianalisis oleh guru untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa, serta dimanfaatkan dalam penyusunan program pembelajaran lanjutan seperti remedial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa evaluasi yang dilaksanakan dengan tepat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah.

References

Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. S. (2004). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. S. (2018). Evaluasi program pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Fakhrurozi, A., & Erta, M. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hamid, A. F. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa asing: Prinsip dan penerapan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 88–96.

Imam, A., Dkk. (2017). Evaluasi pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Indriana, D. (2018). Evaluasi pembelajaran dan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 10(2), 34–45. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245

Komunikasi, Jurnal, & Bahasa Volume. (2021). 1, 2, 3. Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 2(1).

Mardhatillah, N., & Rahmawati, I. (2022). Evaluasi pendidikan: Kajian teori dan aplikasi di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 150–162.

Nadila, A., Masnan, S., & Amin, N. F. (2023). Analisis hasil belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah setelah terintegrasi dengan Ma’had Al-Birr. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 65–75. https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.12987

Prasetyo, Z. K. (2021). Refleksi implementasi evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di madrasah aliyah. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 13(1), 77–90. https://doi.org/10.15408/a.v13i1.2021

Rozzi, M. A. F. (2021). Penerapan variasi metode pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Widyastuti, D., & Utomo, B. (2017). Analisis penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 43–53.

Zainuddin, M., & Taufik, M. (2020). Authentic assessment dalam pembelajaran Bahasa Arab di sekolah menengah. Jurnal Al-Ta’rib, 8(2), 115–126. https://doi.org/10.23971/jt.v8i2.2020

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fitriani, & Herdah. (2025). Analisis Praktik Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap terhadap Guru di Sekolah. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 8(1), 34–40. https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.5779

Citation Check