Penerapan Model Game-Based Learning untuk Meningkatkan Semangat Belajar Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.5863Keywords:
Arabic language learning, Game-Based Learning, student motivation, educational games, secondary educationAbstract
Bahasa Arab merupakan mata pelajaran strategis dalam konteks pendidikan Islam dan global. Namun, siswa pada jenjang sekolah menengah sering kali menganggap pembelajaran Bahasa Arab monoton dan sulit dipahami, terutama akibat metode pengajaran konvensional yang kurang sesuai dengan gaya belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Game-Based Learning (GBL) sebagai strategi pedagogis untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di salah satu madrasah aliyah swasta di Jawa Timur, Indonesia, dengan melibatkan 30 siswa kelas XI jurusan IPA. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam antusiasme siswa, partisipasi aktif, serta penguasaan kosakata setelah integrasi permainan edukatif digital dan manual seperti Puzzlemaker, Bamboozle, Quizizz, dan Wordwall. Model GBL berhasil menciptakan suasana kelas yang dinamis, interaktif, dan berpusat pada siswa, berbeda dari pola belajar pasif sebelumnya. Temuan ini menunjukkan bahwa GBL merupakan pendekatan instruksional yang efektif untuk merevitalisasi pembelajaran Bahasa Arab, terutama jika dirancang secara kontekstual dan menarik. Penelitian lanjutan dengan pendekatan campuran direkomendasikan guna mengukur dampak jangka panjang GBL terhadap prestasi akademik dan keterampilan berbahasa Arab siswa.
References
Dewi. (2022). Implementasi model pembelajaran game-based learning terhadap minat belajar siswa sekolah dasar di masa pandemi. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 279–282. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula
Farida, H., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2022). Pengembangan mobile game-based learning kosakata Bahasa Arab untuk siswa kelas 3 sekolah dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 38.
Kusuma, M. A., Kusumajanto, D. D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif pembelajaran aktif di era pandemi melalui metode pembelajaran game-based learning. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 28.
Mailis, M. (2022). Game-based Arabic learning at MAN 2 Bukittinggi: Best practice. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 4(1), 53.
Nisa Khoirun, C., Cahyani, E., & Abu Nafi’, A. (2024). Model pembelajaran game-based learning terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab. Journal of Arabic Education, 4(1), 1.
Oktavia, R. (2022). Game-based learning meningkatkan efektivitas belajar siswa. OSF Preprints, 1–7.
Pamessangi, A. A. (2019). Analisis kesulitan belajar Bahasa Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 11–24.
Parihin. (2023). Penggunaan metode permainan dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa kelas XI MQNH Putri. Jurnal Matluba: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1(2), 136–150.
Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran IPA interaktif dengan game-based learning. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 1.
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Amirotun Nasikha, Syamsuddin Ali, Nuroh Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.