MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN PLASTISIN KELOMPOK B TK DARUL FALAH SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

Kartika Fajriani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode  bermain plastisin  dapat  meningkatkan  kreativitas  anak,  khususnya di TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur dengan jumlah peserta didik 21 orang dengan rentang usia 5-6 tahun.  Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & MC Taggart dengan pertimbangan model penelitian ini  adalah  model  yang  mudah  dipahami  dan  sesuai  dengan  rencana  kegiatan yang akan dilakukan peneliti  yaitu  dalam dua siklus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kreativitas dan keterlibatan anak  Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif dengan pendektan kualitatif dan data  skor pencapaian kreativitas dan keterlibatan anak dalam kegiatan bermain plastisin kelompok B tidak hanya terfokus pada angka tapi pada gambaran kejadian yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas ana dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,2 dan pada siklus II menjadi 80,95. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bermain plastrisin bagi anak kelompok B TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur dapat meningkatkan kreativitas anak.


Keywords


Kreativitas Anak, Metode Bermain Plastisin

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2010 Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dwijunianto. Media Belajar Plastisin. http://dwijunianto.wordpress.com/media-belajar plastisin/ diakses Januari 2020.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia

Dini Taman Kanak-Kanak dan Roudhotul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2005. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faisal, S. 1982, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Jakarta: Quantum Teaching.

Montolalu, B.E.F. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar, U. 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, U. 1982, Pemanduan Anak Berbakat, Jakarta: Yayasan Pengembangan Kreativitas.

Mini, R. 2010, Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak, Jakarta: Indocam Prima.

Mulyasa, 2010, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda

Masitoh, ocih, Heny, 2005, Pendekatan Belajar Aktif Di TK, Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Munandar, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Nursisto, 1999, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Rahardjo, B. Joko Irawan, 2004, Penulisan Laporan Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Andi.

Suyanto, S. 2008, Strategi Pendidikan Anak, Yogyakatra: Hikayat.

Suyadi, 2011, Manajemen Paud, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sujiono, Yuliani Nurani.2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumanto, 2005, Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK, Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i1.860

Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF - 991 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.