Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Materi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v7i1.4923Keywords:
Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Teori NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut, berlandaskan pada teori Newman. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V SDN 82 Singkawang. Data dikumpulkan melalui tes soal cerita matematika dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik yang diusulkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dapat dikategorikan dalam empat indikator: pemahaman (17 siswa kesulitan menterjemahkan bahasa soal ke dalam kalimat matematika), transformasi (15 siswa tidak dapat menentukan operasi hitung yang tepat), keterampilan proses (18 siswa gagal menjalankan operasi hitung dengan benar), dan penulisan jawaban akhir (16 siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dengan teliti). Penyebab kesalahan ini terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif di sekolah dasar, khususnya dalam menangani kesalahan siswa dan memperbaiki pemahaman mereka tentang materi perkalian dan pembagian pecahan.
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, Vol.4(2). 61-66.
Hadaming, H., & Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(4), 213-220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i4.484
Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Application in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.
Kanarsih, Ida. (2015). "Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman Error Analysis in Mathematical Word Problems)". PARADIKMA, 8(1).
Mugianto, F., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Variabel, Vol 4(2). 76-83.
Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Teori Newman Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.3(4), hal 370-382.
Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). Vol. 2(1). 13-18.
Raharjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang.
Sentosa, S., Subhanan, A., & Junita, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Singh, P., & Rahman, A.A. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Pesspective. Procedia on International Conferenceon Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010). Procedia Social and Behavioral Sciences. Shah Alam: University Technology MARA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). Vol. 3(1), 8-13.
Susanto, Ahmad. (2011). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)