Permainan Tradisional Jamuran dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v7i1.4362Keywords:
permainan tradisional jamuran, karakter, profil pelajar PancasilaAbstract
Pembentukan karakter yang sesuai dengan identitas bangsa merupakan hal penting, terutama di tingkat Sekolah Dasar. Karakter yang diharapkan telah dijelaskan dalam profil pelajar Pancasila yang terdapat dalam kurikulum merdeka. Permainan tradisional Jamuran, sebagai bagian dari warisan budaya yang edukatif, memiliki potensi untuk mengungkap nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil analisis karakter profil pelajar Pancasila yang terdapat dalam permainan tradisional Jamuran di Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis mendalam menunjukkan bahwa permainan tradisional Jamuran mencerminkan enam karakter yang ada dalam profil pelajar Pancasila, yaitu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kepedulian terhadap lingkungan dan penghargaan terhadap keberagaman ciptaan Tuhan, kemandirian melalui kemampuan menentukan nama jamur sendiri, kerja sama melalui kekompakan dan kebersamaan dalam bermain, keberagaman global melalui upaya melestarikan kearifan lokal, berpikir kritis melalui pemikiran yang sulit dalam menentukan nama jamur, dan kreativitas melalui kebebasan berimajinasi dalam memberi nama jamur yang unik.
References
Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Ramadhani Putri, S., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 183–194. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796
Dinas Kebudayaan (Kundha Kasubadayan Daerah Istimewa Yogyakarta). (2014). Dolanan Jamuran. Https://Budaya.Jogjaprov.Go.Id/.
Farida, U., Sutiyem, Hanono, S., Karyono, Shintya, Pressanti, D. A., & Inayati, I. (2016). Tembang Dolanan Sebuah Refleksi Filosofi Jawa (S. Handono, E. A. Kurnianto, & I. Inayati, Eds.). Balai Bahasa Jawa Tengah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hayati, N., Amaliyah, N., & Kasanova, R. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Dan Inovasi: Peran Pendidikan Karakter Di MTS Miftahus Sudur Campor Proppo. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 111–128.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. NUSAPUTRA PRESS Badan Penerbit Universitas Nusa Putra.
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090
Juwitasari, S. (2019). Tembang Dolanan Jamuran Karya Ki Hadi Sukatno Analisis Etnografi. Jurnal IKADBUDI, 8(1).
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 20–38.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja
Rosdakarya.
Mustakimah, M., & Mu’amamah, S. (2021). Upaya Membentuk Karakter Percaya Diri dan Kreatif Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jamuran. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 35–52. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6613
Mustoip, S. (2023). Analisis penilaian perkembangan dan pendidikan karakter di kurikulum merdeka sekolah dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151.
Nunik, N. M., Sagala, A. C. D., & Karmila, M. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Jamuran terhadap Interaksi Sosial Anak Down Syndrome. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.72
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., &
Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 1–9.
Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632
Santika, A. S., Kurniawan, A., Maretha, L. P., Nabila, N. A., & Supriyono, S. (2024). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Karakter Bangsa dalam Berbangsa dan Bernegara. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1909
Saputra, A. M. A., Tawil, Muh. R., Hartutik, H., Nazmi, R., Abute, E. La, Husnita, L., Nurbayani, N., Sarbaitinil, S., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1151
Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Sinaga, J., Woran, R., & Sinambela, J. L. (2021). Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Pendidikan Karakter Dalam Era Milenial : Menjawab Tantangan Global Dan. 3(September), 94–100.
Solihati, N., Hikmat, A., Jupri, A. R., & Hidayatullah, S. (2019). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN RAKYAT DI LERENG GUNUNG MERAPI. JURNAL KEPENDIDIKAN, 3(1), 28–42.
Syofiyanti, D., & Yolan Marjuk. (2023). Kearifan Lokal Permainan Jamuran sebagai PenguatanKarakter Siswa melalui Layanan Bimbingan Konseling. 6(02), 89–98.
Tasiah, N., Nurdjan, S., & Hisbullah. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek untuk Mengembangkan Pemahaman Literasi Membaca Peserta Didik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 38–49. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.927
Widyanti, R., Putri, E., & Saputra, H. A. (2022). Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Membangun karakter anak melalui tari kreasi dolanan anak berbasis kearifan lokal. 9(1), 79–88.
Zahro, Z. F., Santoso, G., Istiqomah, N., & Mujahadah, I. (2023). Identifikasi Menjaga Lingkungan Sekitar Sebagai Tempat Hunian yang Nyaman Bagi Semua Warga. Jurnal Pendidikan Transformasi, 2(4), 19–40. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.637
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)