Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ani Ani Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.961

Keywords:

Kreativitas, Membaca, Metode Kata Lembaga

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar membaca siswa melalui metode kata lembaga dengan kelas I SDN 09 Mattekko kota Palopo. Metode yang digunakan adalah metode kata lembaga yang terdiri atas II siklus yang masing-masing memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang digunakan iyalah lembar observasi siswa dan guru, dan dokumentasi. Dengan adanya proses pembelajaran yang berlangsung  siswa lebih mudah belajar membaca  dengan  penerapan metode kata lembaga sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penerapan metode ini mampu mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran membaca permulaan dimana metode kata lembaga ini mencakup beberapa kegiatan seperti merangkai huruf, merangkai kata menjadi kata, dan kata dirangka menjadi kalimat. Adanya penerapan metode kata lembaga ini, hasil belajar siswa meningkat karena metode kata lembaga ini merupakan metode yang cocok diterapkan di kelas rendah karena metode ini merangkai kata menjadi huruf dan kata dirangkai menjadi sebuah kalimat yang dapat membantu siswa dalam belajar membaca.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Ani, A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.961

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.