Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964Keywords:
Kooperatif Tipe Jigsaw, Kearifan Lokal, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini membahas tentang rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada peningkatan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, tahap tindakan, tahap Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 008 Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis kearifan lokal hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa yang telah dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan nilai rata-rata 52 dengan persentase ketuntasan 80%, sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70.
References
Arifin,Anwar. 2008. Ilmu KomunikasiSebuah Pengantar Ringkas,: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayuningtiyas,Vera “Metode Bermain Peran ( Role Playing) Dalam Upaya Menumbuhkan Keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini Di TK Bhayangkari 17 Cimahi”,Jurnal, 2013.Azizah, Nur dkk, ”Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak 5-6 Tahun, 2013.Djamarah, Bahri,Syaiful Dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.Gaza, Mamiq. 2012. Bijak Memghukum Siswa, Cet. I, Jokjakarta: Ar-ruzz Media.Ihsan, Fuad, 2015. Dasar -Dasar KependidikanJakarta : Rineka Cipta.Ningsih,Gustia,Ayu. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Teka-Teki Siswa Kelas X MAS-TI Tabek Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota,Jurnal, 2013.Iriantara, Yusal dkk, 2013. Komunikasi Pendidikan, Cet.1: Bandung; PT Remaja Rosdakarya.Islawati. (2018). Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Keterampilan Berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MI Al-Mawasirpadang Kaluadul. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 151–160.Khair, Denim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Cet. II. Bandung: Alfabeta.Mabruri, Kamaluddin, Zuniar dkk. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan,”Jurnal, 2017.Rustan, E., & Hasriani. (2019). Application of Therapeutic Nurse Communication to Self Concept as Reviewed from the Anxiety Level of Tuberculosis Patients. International Journal of Caring Science, 12(2), 979–986.Sukirman, N., & Rustan, E. (2010). Kunci Sukses Belajar Bahasa Indonesia. Palopo: Lembaga Penerbitan STAIN (LPS) STAIN Palopo.Uno, B Hamsa, 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan, Cet. 12 Jakarta, PT Bumi Aksara.Putri,Wulan,Mariani, Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal, 2016.Zainuddin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Debat Pada Siswa Kelas V SD N 0 9 Matekko Kecamatan Bara Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 139–150.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)