Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964Keywords:
Kooperatif Tipe Jigsaw, Kearifan Lokal, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini membahas tentang rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada peningkatan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, tahap tindakan, tahap Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 008 Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis kearifan lokal hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa yang telah dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan nilai rata-rata 52 dengan persentase ketuntasan 80%, sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu  70.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)