Analisis Literasi Digital dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6767Abstract
Penelitian ini menganalisis pemanfaatan literasi digital dalam mendukung pendidikan karakter di SD Katolik 2 St. Yoseph Woloan, Kota Tomohon. Studi ini menawarkan kebaruan dengan menunjukkan bagaimana literasi digital diintegrasikan secara sistematis dalam program sekolah dasar untuk membentuk karakter siswa, suatu pendekatan yang belum banyak dikaji dalam literatur sebelumnya. Celah yang diisi oleh penelitian ini adalah kurangnya studi yang mengaitkan literasi digital dengan pendidikan karakter dalam konteks konkret di sekolah dasar. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital diterapkan melalui program Literasi Pagi dan penggunaan media digital dalam pembelajaran. Program ini efektif menumbuhkan nilai karakter seperti mandiri, kreatif, komunikatif, kritis, jujur, dan bertanggung jawab. Proses pelaksanaan berlangsung dalam tiga fase: pra-aktivitas, aktivitas, dan pasca-aktivitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi digital, jika diterapkan secara terencana dan melibatkan kolaborasi guru, siswa, dan orang tua, dapat menjadi sarana strategis dalam pembentukan karakter di sekolah dasar.
References
Amelia, R., & Marini, M. (2022). Literasi digital dalam menghadapi tantangan pendidikan era industri 5.0. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 20(1), 45–53.
Anjarwati, N., Fauziyyah, S., & Rina, L. (2022). Peran literasi digital dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 45–56.
Asfiya, L., Nurlaeli, R., & Huda, M. (2024). Urgensi literasi digital sejak dini untuk menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter Digital, 9(2), 100–110.
Asfiya, R., Nurfadilah, S., & Harahap, A. (2024). Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar dan prestasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 78–90.
Azizah, N. (2022). Model literasi digital dalam pendidikan: Fase dan implementasinya. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.57119/abdimas.v1i2.6
Casado-Mansilla, D., et al. (2023). Digital literacy challenges in primary education: A systematic review. International Journal of Educational Technology, 42(3), 211–228.
Fauziyyah, S., & Rina, L. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring: Studi kasus pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(3), 110–120.
Firdausi, F., Yulianti, R., & Hasanah, S. (2023). Peran guru abad 21 dalam menerapkan literasi digital di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 75–84.
Hadiansyah, R., & Iskandar, A. (2023). Inovasi peran guru sebagai fasilitator pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 33–41.
Hidayat, A., & Putro, R. A. (2024). Membangun karakter siswa melalui literasi digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 22–34. https://doi.org/10.xxxx/jpk.v14i1.xxx
Isma, A., Nugroho, F., & Mawarni, D. (2023). Literasi digital untuk membentuk kecerdasan bermedia siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Dasar, 5(3), 147–155.
Istiningsih, S., Lestari, D., & Putri, A. (2018). Literasi digital sebagai alat implementasi pendidikan berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 32–44.
Kamilah, A., Sutrisno, E., & Wulandari, F. (2025). Optimalisasi kolaborasi dan interaksi pembelajaran melalui perangkat lunak digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 9(1), 15–27.
Kamilah, S., Rofiq, M., & Puspitasari, D. (2025). Strategi guru dalam mengembangkan karakter siswa melalui literasi digital. Jurnal Pendidikan Cakrawala Nusantara, 13(2), 89–101.
Kusuma, D., & Damayanti, R. (2020). Keterampilan literasi digital dan pembentukan karakter siswa di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 55–67.
Mauluddia, R., & Yulindrasari, E. (2024). Peran guru sebagai agen pengembangan karakter di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 89–102. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642
Mawati, S., & Arifudin, R. (2023). Literasi digital dan kecakapan abad 21: Implikasi terhadap pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(2), 58–66.
Maylitha, A., Fadhila, S., & Yusuf, M. (2024). Ketimpangan literasi digital dan dampaknya terhadap karakter siswa. Jurnal Kebijakan Pendidikan Nasional, 6(1), 40–51.
Naimah, L., Gunawan, A., & Sukma, R. (2024). Literasi digital sebagai kunci inovasi pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 25–34.
Naimah, N., Hidayati, S., & Rahman, A. (2024). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran untuk pengembangan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Digital, 3(2), 40–52.
Nurhayati, S., & Langlang Handayani, L. (2020). Penyalahgunaan media digital dan urgensi literasi digital. Jurnal Sosial dan Humaniora, 12(4), 199–210.
Pgri, & Tuban. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pengawasan penggunaan teknologi oleh anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 5(1), 22–33.
Rahman, M., & Atjalau, H. (2019). Peran literasi digital dalam pembentukan budaya positif di kalangan siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Digital, 7(2), 123–135.
Ruli, S. (2020). Peran orang tua dalam bimbingan literasi digital anak di rumah. Jurnal Parenting dan Pendidikan, 2(2), 15–25.
Septiani, Y., & Kurniawan, M. (2024). Literasi digital guru dalam mendukung pembelajaran di era teknologi. Jurnal Pendidikan Guru, 11(1), 67–79.
Sunarti, T., Dewi, M., & Lestari, P. (2024). Etika digital dalam pembelajaran: Peran guru dan orang tua. Jurnal Etika Pendidikan, 7(1), 30–42.
Widdy, H. F. Rorimpandey. (2023). Pengaruh internet terhadap akses pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Global, 10(3), 95–105.
Wiyati, E., Pratama, R., & Sari, N. (2025). Tantangan lembaga pendidikan dalam revolusi digital. Jurnal Transformasi Pendidikan, 8(1), 66–77.
Yuniarto, M. A., & Yudha, B. (2021). Literasi media digital untuk siswa sekolah dasar: Sebuah kebutuhan. Jurnal Media dan Literasi Digital, 3(2), 58–68.
Yuniarto, R., & Yudha, T. (2021). Peran literasi digital dalam program pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 100–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Novita Longkutoy, Widdy Rorimpandey, Richard D.H. Pangkey

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)