PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS BILANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v2i1.698Keywords:
Concrete Media, Mathematics Learning Outcomes, Number LinesAbstract
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Cet. XIX; Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 20012. Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Cet. IX; Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: Asdi Mahasatya.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada
Hasri. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Model Palopo, Jurnal Kependidikan dan Penelitian Konsepsi. Palopo: Pusat Pengembangan Pendidikan Indonesia Luwu Raya Vol. 2 No. 1.
Ibrahim, R. dan Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rinika Cipta.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kementrian Agama Republik Indonesia. 2016. Al-Quran Al-Karim Samara Tajwid dan Terjemah Edisi Wanita, Surabaya: Halim.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Cet. VII; Jakarta: Rajawali Pers.
Maharani, Ervina. 2014. Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Simpel, Cepat, Dan Memikat. Cet. I; Yogyakarta: Parasmu.
Masitoch, Nurul dkk. 2009. Gemar Matematika untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pelita Ilmu.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou.2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi anak berkesulitan belajar. Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet. VI; Jakarta: Rajawali Pers.
Rustan, E. (2001). Budaya Leluhur dalam Memperkukuh Tatanan Masyarakat di Era Globalisasi. In Seminar Internasional Pemertahanan Identitas Masyarakat Multikultural di Era Globalisasi (pp. 79-86). Surabaya.
Rustan, E., Hanifah, N., & Kanro, B. (2018). De-radicalization in the Implementation of Islamic Education Curriculum in SMA Masamba South Sulawesi. Dinamika Ilmu, 18(2), 271-283. https://doi.org//10.21093/di.v18i2.1338
S. Sadiman, Arief. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cet. XVI; Depok: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group.
Satriani. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) pada Kelas IV MIS Datok Sulaiman Palopo, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet.VI; Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Suharyono. 2009. Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet. I; Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Pendidikan, Ed. Revisi. IX; Jakarta: RajawaliPers.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa- ed. 3, 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)