PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS BILANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara.
. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed. Revisi. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Cet. XIX; Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 20012. Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Cet. IX; Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: Asdi Mahasatya.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada
Hasri. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Model Palopo, Jurnal Kependidikan dan Penelitian Konsepsi. Palopo: Pusat Pengembangan Pendidikan Indonesia Luwu Raya Vol. 2 No. 1.
Ibrahim, R. dan Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rinika Cipta.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kementrian Agama Republik Indonesia. 2016. Al-Quran Al-Karim Samara Tajwid dan Terjemah Edisi Wanita, Surabaya: Halim.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Cet. VII; Jakarta: Rajawali Pers.
Maharani, Ervina. 2014. Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Simpel, Cepat, Dan Memikat. Cet. I; Yogyakarta: Parasmu.
Masitoch, Nurul dkk. 2009. Gemar Matematika untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pelita Ilmu.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou.2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi anak berkesulitan belajar. Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet. VI; Jakarta: Rajawali Pers.
Rustan, E. (2001). Budaya Leluhur dalam Memperkukuh Tatanan Masyarakat di Era Globalisasi. In Seminar Internasional Pemertahanan Identitas Masyarakat Multikultural di Era Globalisasi (pp. 79–86). Surabaya.
Rustan, E., Hanifah, N., & Kanro, B. (2018). De-radicalization in the Implementation of Islamic Education Curriculum in SMA Masamba South Sulawesi. Dinamika Ilmu, 18(2), 271–283. https://doi.org//10.21093/di.v18i2.1338
S. Sadiman, Arief. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cet. XVI; Depok: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group.
Satriani. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) pada Kelas IV MIS Datok Sulaiman Palopo, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet.VI; Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Pengantar Statistik Pendidikan, Ed. Ke-I; Jakarta: Raja Grafindo Petrsada.
Suharyono. 2009. Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet. I; Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Pendidikan, Ed. Revisi. IX; Jakarta: RajawaliPers.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa- ed. 3, 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i1.698
Article Metrics
Abstract view : 231 timesPDF - 240 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Pedagogik Journal of Islamic Elementary School

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
©Pedagogik Journal of Islamic Elementary School.
This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)
Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
Tarbiyah Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo. Jl. Agatis I Balandai, Palopo City, South Sulawesi, Indonesia 91914, Email: jurnal_pijies@iainpalopo.ac.id