Use of Simulation and Discussion Methods in Increasing Student Learning Motivation Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at STAI Kupang
DOI:
https://doi.org/10.24256/jiis.v3i1.4839Keywords:
Simulation method, Discussion, Learning motivationAbstract
References
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal : Penelitian dan Pendidikan. 12 (1). 83.
Hartinah, Galuh. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal : Konseling GUSJIGANG. 2 (2).
Ikhwan, Afiful. (2017). Metode Simulasi Pembelajran dalam Perspektif Islam, ISTAWA Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).8
Juna, Tri. dan Taufina. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu. 4 (2).
Kumboyono, dkk. (204). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Metode Simulasi dan Diskusi Kelompok terhadap Sikap Remaja pada Upaya Pencegahan Perilaku Seks Menyimpang. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 20(1). 48
Melinda, Ima dan Susanto, Ratnawati. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Internasional Journal of Elemntary Education. 2 (2). 3.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningrat, Sayu Putri. (2018). Konribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajr terhadp Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal: Ilmiah Sekolah Dasar. 2 (3). 2.
Palittin, Ivylentine Datu. Dkk. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal: Magistra Keguran dan Ilmu Pendidikan. 6 (2). 4
Permana, Rahmat. (2016). Penguasaan Rangkaian Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Melalui Diskusi dan Simulasi, Jurnal Refleksi Edukatika. 6(2).121
Sahrudin, Asep. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal: Pendidikan UNSIKA. 2 (1). 4
Sudana, Wayan. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning melalui Aplikasi Google Classroom. Jurnal: IJoED. 2 (1).
Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2017. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umam, Muhamad Khoirul. Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkat Motivasi Belajar. Jurnal : Awwaliyah jurnal PGMI. 2 (1).
Umam, Muhammad Khoirul. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal : Awwaliyah PGMI. 2 (1).
Utami, Sarwik. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkaykan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Keas III Seolah Dasar. Jurnal: Primary Program Studi Pendiikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7 (1). 4.
Utami, Sarwik. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkaykan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Keas III Seolah Dasar. Jurnal: Primary Program Studi Pendiikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7 (1). 2.
Yulla, Desma. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Gunung Talang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Asliat Hingi Guhir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal of Indonesian Islamic Studies agree to the following terms:
- Authors have retained full articles copyright and grant the Journal of Indonesian Islamic Studies right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Journal of Indonesian Islamic Studies published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see also deposit policy and archiving on page journal).