KONSEP ILMU PENGETAHUAN (SAINS) DALAM AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Subhan Subhan

DOI:

https://doi.org/10.24256/cendekia.v5i1.3786

Keywords:

Alquran, Sains, Sains Anak Usia Dini

Abstract

Hakikat sains dan posisi anak sebagai subjek dan objek kajian seringkali menjadi polemik di kalangan cendekiawan. Perkembangan ilmu sains yang pesat, serta pembahasannya dalam berbagai dimensi keilmuan—terutama dari perspektif Al-Qur'an yang menyangkut kontekstualisasi kebenaran mutlak di atas teori (Darsitun, 2021)—sering menimbulkan kebingungan mengenai bagaimana memposisikan konten, konsep, dan subjek dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini. Hal ini terutama relevan bagi lembaga Raudhatul Athfal yang menerapkan kurikulum dengan pendekatan integrasi keislaman (Haryati, 2023) dan konsep pendidikan kontemporer (Susilawati & Musa, 2020), yang bertujuan mencetak generasi Islam sesuai dengan visi Kementerian Agama. Integrasi sains dengan perspektif Al-Qur'an dalam pembelajaran anak usia dini merupakan tantangan besar. Dalam teologi keilmuan, Al-Qur'an diposisikan sebagai “tanda” dari peristiwa atau konsep sains (Adhiguna & Bramastia, 2021) melalui ayat-ayat yang bersifat kontekstual (Putri dkk., 2023). Hal ini membuat pengintegrasian sains dalam Al-Qur'an menjadi sulit diterjemahkan ke dalam ranah praktis-aplikatif dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini. Oleh karena itu, penting untuk mengkonseptualisasikan pola dasar yang dapat menempatkan sains, sains dalam Al-Qur'an, dan kurikulum, serta karakteristik anak usia dini dengan tepat.

References

Putri, A. L., Andy, S., Utomo, W. W., & Pemi, M. (2023). Jahe Dalam Al-Quran dan Sains:. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 240-250. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.95

Ni Luh Putri, & Umar, N. H. (2021). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif memahami Sains Pada Anak kelompok B di TK GMIM Sejahtera Wanea. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-60. Retrieved from http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2255

Destiati, R. A., & Yudhanegara, M. R. (2023). Hubungan antara Kemampuan Penalaran Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7759

Hermansyah, H. (2020, March 25). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15-25. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v7i1.547

Nurani, Y., Hartati, S. & Sihadi. (2020). Memacu Kreativita Melalui Bermain; Pembelajaran Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.

Hidayati, W., & Suryana, D. (2021). Peran guru dalam mengenalkan sains pada anak usia dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72-78. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168

Darsitun. (2021). Menakar Ulang Hermeneutika dalam Studi Alquran di Era Modern dan Kontemporer (Pendekatan Sastra, Sejarah dan Sains). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 22 (1), 21-42. DOI:10.30595/islamadina.v%vi%i.6816

Haryati, H., Widodo, S., Ismail, R., & Mahmud, M. (2023). Pembelajaran di Raudatul Athfal (RA) TAUD SAQU Cahaya Hati Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 166-174. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781358

Susilawati, S., & Musa, S. (2020). Implementasi Visi Misi Dan Program Raudhatul Athfal Nursaa’adah Dalam Mengembangkan Prestasi . JoCE (Journal of Community Education), 1(2), 110–114. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4201

Adhiguna, B. & Bramastia, B. (2021). Pandangan al-qur’an terhadap ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam pembelajaran sains. Jurnal Inquiri, 10 (2), 137-144. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257

Hidayati, W., & Suryana, D. (2021, June 25). PERAN GURU DALAM MENGENALKAN SAINS PADA ANAK USIA DINI. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72-78. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168

Downloads

Published

2023-04-27