Efektivitas Metode Ummi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Vironika Kumalasari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh. Nur Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.5328

Keywords:

Metode UMMI, Al-Quran, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode UMMI dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca Al-Quran siswa SDN 2 Kedungdowo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap siswa kelas 5 dan 6 selama periode Januari–Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor rata-rata kemampuan membaca Al-Quran siswa dari 51,5 (kategori kurang lancar) menjadi 71,75 (kategori lancar) setelah penerapan metode UMMI. Faktor keberhasilan meliputi pendekatan emosional berbasis kasih sayang, pengulangan praktis tanpa tekanan, dan peran aktif guru sebagai fasilitator. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode UMMI secara konsisten dengan pelatihan khusus bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca Al-Quran di sekolah dasar.

References

Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 325–333. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.137

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1). https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam , 1(2), 160–172.

Hernawan, D. (2019). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Hidayat, N. (2016). Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 359–370. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.359-370

Junaidin Nobisa, & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 44–70. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU RUMAH TANGGA. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Novita, O., Zulhaini, Z., & Mailani, I. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM AQZIA TELUK KUANTAN. JURNAL TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN, 1(1).

Nurhasanah, M., Sriyanto, A., & Syarifah. (2023). Efektivitas Metode Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Studi Kasus PAUD As-Sakinah Sambirejo Mantingan Ngawi. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6), 2450–2459.

Ramadhani, A. A., & Werdiningsih, W. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tahfidz di Panti Asuhan Tahfidzul Quran Yatim Piatu Muhammadiyah Belegondo-Ngariboyo-Magetan. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 21–32. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3921

Rifa’i, A. (2018). IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QURAN di SDIT IHSANUL AMAL ALABIO. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27

Rifa’i, A., & Nasir, M. (2018). EFEKTIVITAS METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ALQURAN SISWA TPA DESA PUGAAN KECAMATAN PUGAAN. QALAM , 12(2).

Sholiha, N. A., & Tamimi, M. T. (2023). EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 4(2), 49–66. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v4i2.720

Wahid, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693

Published

2024-12-25

How to Cite

Kumalasari, V., & Maksum, M. N. R. (2024). Efektivitas Metode Ummi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 7(2), 81–91. https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.5328

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.