Efektivitas Metode Ummi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.5328Keywords:
Metode UMMI, Al-Quran, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode UMMI dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca Al-Quran siswa SDN 2 Kedungdowo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap siswa kelas 5 dan 6 selama periode Januari–Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor rata-rata kemampuan membaca Al-Quran siswa dari 51,5 (kategori kurang lancar) menjadi 71,75 (kategori lancar) setelah penerapan metode UMMI. Faktor keberhasilan meliputi pendekatan emosional berbasis kasih sayang, pengulangan praktis tanpa tekanan, dan peran aktif guru sebagai fasilitator. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode UMMI secara konsisten dengan pelatihan khusus bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca Al-Quran di sekolah dasar.
References
Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 325–333. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.137
Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1). https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423
Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam , 1(2), 160–172.
Hernawan, D. (2019). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751
Hidayat, N. (2016). Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 359–370. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.359-370
Junaidin Nobisa, & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 44–70. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110
Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI IBU RUMAH TANGGA. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336
Novita, O., Zulhaini, Z., & Mailani, I. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE UMMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM AQZIA TELUK KUANTAN. JURNAL TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN, 1(1).
Nurhasanah, M., Sriyanto, A., & Syarifah. (2023). Efektivitas Metode Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Studi Kasus PAUD As-Sakinah Sambirejo Mantingan Ngawi. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6), 2450–2459.
Ramadhani, A. A., & Werdiningsih, W. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tahfidz di Panti Asuhan Tahfidzul Quran Yatim Piatu Muhammadiyah Belegondo-Ngariboyo-Magetan. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 21–32. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3921
Rifa’i, A. (2018). IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QURAN di SDIT IHSANUL AMAL ALABIO. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27
Rifa’i, A., & Nasir, M. (2018). EFEKTIVITAS METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ALQURAN SISWA TPA DESA PUGAAN KECAMATAN PUGAAN. QALAM , 12(2).
Sholiha, N. A., & Tamimi, M. T. (2023). EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 4(2), 49–66. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v4i2.720
Wahid, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Vironika Kumalasari, Muh. Nur Rochim Maksum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)