Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo

Authors

  • Attiyah Razak Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963

Keywords:

Berbasis Emosi, Kemampuan, Menulis Prosa Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis prosa sederhana berbasis emosi pada siswa kelas V SDN 09 Mattekko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak II kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkannya sistem pembelajaran berbasis emosi dapat meningkatkan hasil  belajar siswa setiap pembelajaran, setiap siklus mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I nilai rata-ratanya 72% dengan persentase ketuntasan 65%, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 92 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Razak, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 197–208. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.