Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah

Authors

  • Mawardi Mawardi IAIN Palopo
  • Mustafa Mustafa IAIN Palopo
  • Musdalifah Tamin IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2913

Abstract

Abstrak

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang Metode Pembelajaran Simulasi dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran di sekolah menengah. (2) Untuk mengetahui bagaimana signifikansi penggunaan metode pembelajaran simulasi dalam menghafal kosakata bahasa Arab di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kajian Pustaka atau Library Research. Subjek penelitiannya adalah Sumber Data. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah Library Research atau kajian pustaka, Teknik yang ditempuh dalam pengumpulan data dengan penelitian Library research adalah kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Selanjutnya hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan simulasi dalam pembelajaran di sekolah menengah sesuai dengan kecenderungan pengajaran modern sekarang, yaitu meningkatkan pengajaran yang bersifat pasif, menuju kepada pembelajaran siswa yang bersifat individual dan kelompok kecil. (2) Metode simulasi penting digunakan bagi siswa dalam menghafal mufradat, karena metode simulasi merupakan penggunaan strategi untuk memberikan kemungkinan kepada siswa agar dapat menguasai keterampilan dan dapat memahaminya dengan mudah.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Simulasi, Kosakata.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, H. Abu & Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar (SBM), (Cet. 1; Bandung: CV. PUSTAKA SETIA, 1997).

Asy’ari, M, Metode, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif, (IAIN Palu: An-Nabigoh, Vol. 20 No. 02, Tahun 2018).

Mustafa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2017).

Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2016).

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roskarya, 2010).

Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). منهج شعبة تدريس اللغة العربية بناء على الوسطية الدينية ي٠اجلامعات اإلسالمية احلكومية بسوالويسي اجلنوبية. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16-34.‎

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.

Pamessangi, A. A. (2021). Istirâtîjiyyah Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala Asâsi Khasâ’is al-Ṭalabah. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(02), 138-154.

Pamessangi, A. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 117-128.

Pamessangi, A. A. (2022). Developing Arabic Language Textbooks Based on Religious Moderation in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 147-156.

Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Cet. XXIII; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Taniredja, H. Tukiran, Model-model Pemeblajaran Inovatif dan Efektif, (Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2017).

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Mawardi, M., Mustafa, M., & Tamin, M. (2022). Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 5(1). https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2913

Citation Check