Isykaliah Fahm Fi'il al-Nahy Laday Thalabah al-Mustawa al-Khamis Syu'bah Tadris al-Lugah al'Arabiyyah (Tahlil Wadhzifah Fi'il al-Nahy fi al-Qur'an Surah al-Hasyr)

Authors

  • Mardi Takwim IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.364

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menyajikan masalah pemahaman tentang kata kerja larangan pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, IAIN Palopo (analisis fungsi kata kerja larangan dalam Alquran Surah al-Hasyr). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan, dan data sekunder melalui penelitian pustaka dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metodenya bersifat induktif dan analisis data yang dipergunakan adalah pengorganisasian data dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahwa masalah yang dihadapi oleh siswa dari semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terletak pada pembuatan kata kerja larangan yang shahih mazid dan mu’tal akhir, dan metode yang dipergunakan tidak efektif karena tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang kata kerja larangan. Metode yang disukai mahasiswa adalah diskusi dan ceramah. (2) Adapun kata kerja larangan dalam Surah al-Hasyr terletak pada dalam ayat (10) dan (19) berarti kata "jangan membuat/menjadikan ... dan janganlah kalian menjadi ...". Wazan kata larangan ini adalah " ????? ??????? ".

Kata kunci: Problematika fi’il nahy, solusi fi’il nahi dalam Surah al-Hasyr

References

?????? ??????

????? ???? ????? ?? ??? : ??????? ????????? ??????? ??????? ????????

Ash Shiddiqy, Teungku Muhammad Hasbi. Tafsir al-Qur’an al-Majid an-Nur. Cet. II; Jakarta: Pustaka Rizki Putra Semarang, 1995.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. V; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini. Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Al-Jurumiyyah. Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2012.

Zaenuddin, Mamat dan Yayan Nurbayan. Pengantar Ilmu Balaghah. Cet. I; Bandung: Refika Aditama 2007.

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Takwim, M. (2018). Isykaliah Fahm Fi’il al-Nahy Laday Thalabah al-Mustawa al-Khamis Syu’bah Tadris al-Lugah al’Arabiyyah (Tahlil Wadhzifah Fi’il al-Nahy fi al-Qur’an Surah al-Hasyr). AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.364

Citation Check