Fa'aliyah Thariqah al-Tarjamah 'ala Nataij Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyyah li Thalabah al-Shaf al-Tsamin fi al-Madrasah al-Tsanaawiyyah Batu Sitanduk bi Nahiyah Walenrang al-Syimaliyyah bi Manthiqah Luwu

Authors

  • Muhammad Zuhri Abu Nawas IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.367

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menerjemahkan dan mengetahui bagaimana menggunakan metode terjemah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan empat teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan ujian. Teknik analisis data menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan dua hal, yaitu: 1 Metode penerjemahan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu terdiri atas beberapa macam cara, di antaranya: memberikan definisi kata, kemudian memberikan jenis kata dan kaidah-kaidah yang wajib dihapal dalam bahasa Arab dan menjelaskan secara terperinci, melatih siswa untuk menerjemahkan kalimat dan paragraf, meminta seorang siswa untuk membaca teks dan yang lain memperbaikinya, memberik daftar kosakata yang akan dihapal. 2 Penggunaan metode penerjemahan oleh guru dalam mengajar bahan bahasa Arab dapat meningkatkan hasil pendidikan untuk siswa kelas delapan.Kata kunci: Metode tarjamah, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 1992.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar? 1997.

Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press, 2011.

Fachrurrozi, Aziz. Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional dan Kotemporer. Jakarta:Bania Publishing? 2009.

Hasanuddin, Muhammad Irfan. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Palopo: Lembaga Penerbit STAIN Palopo, 2010.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora? 2009.

Listyarti, Retno. Pendidikan karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi, 2012.

Muhaemin. Kompenen Pendidikan dalam Perspektif Islam. Palopo: Lembaga Penerbit STAIN Palopo, 2010.

Mujib, Fathul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab dari Pendekatan Konvesional Ke Integratif Humanis. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafifindo Persada, Cet-19 2012.

Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra; Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Penerbit SIC? 2004.

Tim Penyusun Buku Pedoman Bahasa. Direktorat Bimbingan Masysarakat Islam. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab? (Jakarta: Depag RI? 1994.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, CET Ke-24, 2013.

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Abu Nawas, M. Z. (2018). Fa’aliyah Thariqah al-Tarjamah ’ala Nataij Ta’lim al-Lugah al-’Arabiyyah li Thalabah al-Shaf al-Tsamin fi al-Madrasah al-Tsanaawiyyah Batu Sitanduk bi Nahiyah Walenrang al-Syimaliyyah bi Manthiqah Luwu. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 1(1), 73–86. https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.367

Citation Check