Fa'aliyah Thariqah al-Tarjamah 'ala Nataij Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyyah li Thalabah al-Shaf al-Tsamin fi al-Madrasah al-Tsanaawiyyah Batu Sitanduk bi Nahiyah Walenrang al-Syimaliyyah bi Manthiqah Luwu
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.367Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menerjemahkan dan mengetahui bagaimana menggunakan metode terjemah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan empat teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan ujian. Teknik analisis data menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan dua hal, yaitu: 1 Metode penerjemahan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu terdiri atas beberapa macam cara, di antaranya: memberikan definisi kata, kemudian memberikan jenis kata dan kaidah-kaidah yang wajib dihapal dalam bahasa Arab dan menjelaskan secara terperinci, melatih siswa untuk menerjemahkan kalimat dan paragraf, meminta seorang siswa untuk membaca teks dan yang lain memperbaikinya, memberik daftar kosakata yang akan dihapal. 2 Penggunaan metode penerjemahan oleh guru dalam mengajar bahan bahasa Arab dapat meningkatkan hasil pendidikan untuk siswa kelas delapan.Kata kunci: Metode tarjamah, hasil belajarReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 1992.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar? 1997.
Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press, 2011.
Fachrurrozi, Aziz. Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional dan Kotemporer. Jakarta:Bania Publishing? 2009.
Hasanuddin, Muhammad Irfan. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Palopo: Lembaga Penerbit STAIN Palopo, 2010.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora? 2009.
Listyarti, Retno. Pendidikan karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi, 2012.
Muhaemin. Kompenen Pendidikan dalam Perspektif Islam. Palopo: Lembaga Penerbit STAIN Palopo, 2010.
Mujib, Fathul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab dari Pendekatan Konvesional Ke Integratif Humanis. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafifindo Persada, Cet-19 2012.
Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra; Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Penerbit SIC? 2004.
Tim Penyusun Buku Pedoman Bahasa. Direktorat Bimbingan Masysarakat Islam. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab? (Jakarta: Depag RI? 1994.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, CET Ke-24, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.