The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes of Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v6i1.3598Keywords:
Guided Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skills, Science Learning OutcomesAbstract
References
Amal, Amri, and Syarifuddin Kune. 2018. “Peranan Pembelajaran IPA Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Volume 1.
Amran, Muhammad. 2019. “Pembelajaran Aktif Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 di Kelas 27 Mahasiswa PGSD FIP UNM.†Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 2(1): 06.
Annafy, Nurfidianti et al. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa Di Man 2 Kota Bima Tahunpelajaran 2019/2020.†Jurnal Redoks ( Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia ) 4(1): 17–24.
Anwar, Chairul. 2014. Hakikat Manusia Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: SUKA-Press.
As-Suyuthi, Jalaluddin, and Jalaluddin Muhammad Ibnu Ahmad Al-
Mahally. 2003. Tafsir Jalalain. Surabaya: Imaratullah.
Buto, Zulfikar Ali. 2010. “Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner dalam Nuansa Pendidikan Modern.†Millah ed(khus): 55–69.
Cahyana, Ucu, Abdul Kadir, and Monalisa Gherardini. 2017. “Relasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.†Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26(1): 14–22.
Fatmaryanti, Siska Desi, Suparmi, Sarwanto, and Ashadi. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Multi Representasi (GiMuR). Yogyakarta: Deepublish.
Jamaluddin, Jamaluddin, A. Wahab Jufri, Muhlis Muhlis, and Imam
Bachtiar. 2020. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di SMP.†Jurnal Pijar Mipa 15(1): 13–19.
Jundu, Ricardus, Pius Herman Tuwa, and Rosnadiana Seliman. 2020. “Hasil Belajar IPA Siswa SD Di Daerah Tertinggal Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.†Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(2): 103–11.
Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.†Jakarta: Kemendikbud.
Khasanah, Binti Anisaul, and Indah Dwi Ayu. 2018. “Kemampuan Berpikir Kritis siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning.†Eksponen 7(2): 46–53.
Ma’ruf, Ma’ruf, and Arie Syahidul Shidiq. 2020. Pembelajaran IPA Berorientasi Keterampilan Abad 21. Makassar: LPP Unismuh Makassar.
Mashuri, Imam. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inquiry Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora.†Journal of Mechanical Engineering Education 2 (1): 19–35.
Nugroho, R. Arifin. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Dan Soal-Soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurhasanah, Nurhasanah, and Dasmo Dasmo. 2020. “Navigation Physics Jo u r n a l o f P h Ys Ic s E d u c a t Io N.†Journal of Physics Education 2(2): 69–73. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/485.
OECD. 2019a. OECD Publishing PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris.
Oemar, H. 2008. Teknik Pengukuran Dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sarwono, Jonathan. 2013. Statistik Multivariat Aplikasi Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
Setyowati, A., & Subali, B. 2011. “Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis SMP Kelas VII†Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7(2): 89–86. http://doi.org/10.15294/JPFI. v7i2.1078.
Sopandi, Wahyu. 2019. “Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers].†PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 8(1): 19.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhada, Hidayati. 2017. “Model Pembelajaran Inqury Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA.†Jurnal Pendidikan Dasar 8(2): 13–24. http://doi.org/10.21009/JPD.
Suhana, Cucu, and Nanang Hanafiah. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sumaryati, Agata Sri, and Dwi Uswatun Hasanah. 2019. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta.†Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2): 56–64.
Susilawati, Endang, Agustinasari Agustinasari, Achmad Samsudin, and Parsaoran Siahaan. 2020. “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.†Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 6(1): 11–16.
Susilawati, Susilawati, Fihrin Fihrin, and I Wayan Darmadi. 2014. “Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Metode Pictorial Riddle Dan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu.†JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 1(3): 8.
Susilowati, Sajidan, and Murni Ramli. 2017. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Kabupaten Magetan.†Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) 21(2000): 223–31.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tapanuli, Pendidikan et al. 2018. “Jurnal Education and Development Institut Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika.†3(1): 1–5.
Ulandari, Nelpita, Rahmi Putri, Febria Ningsih, and Aan Putra. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 227–37.
Wariyanti, Ari. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku.†Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 5(2): 1019–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)