Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6144Keywords:
model PJBL, kreativitas, SBDPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di kelas IV MI Miftahul Ulum Kuluran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran PjBL. Rata-rata skor pretest siswa sebesar 71,47, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 95,82 yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 24,35. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,85 menunjukkan peningkatan kreativitas dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL memberikan pengaruh terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP kelas IV di MI Miftahul Ulum Kuluran.
References
Abdi, R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(4), 9-15.
Angga, A. (2022). Penerapan problem-based learning terintegrasi STEAM untuk meningkatkan kemampuan 4C siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281-294. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan model project-based learning ditinjau dari kurikulum merdeka dalam mengembangkan kreativitas belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh model project-based learning berbantuan media pop-up book terhadap peningkatan kreativitas siswa pada tema 8 kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 491-497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Rahmah, A. (2022). Pemanfaatan model project-based learning sebagai stimulus kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3887-3895. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2794
Fazria, M. N., & Wati, T. L. (2022). Analisis kreativitas menggambar imajinasi peserta didik kelas IV ditinjau dari aspek (kemampuan tinggi, sedang, rendah) di SDN. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257-276. Hayatun, M. A., & Fithriyah, M. (2023). Pengaruh model group investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV di MI Darul Ulum. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 62-69.
Hadiyani, V. P. (2024). Teacher's efforts in improving traditional dance art typical of Malang in extracurricular class V elementary school. Jurnal Ilmiah Iqra', 18(2), 123-132. https://doi.org/10.30984/jii.v18i2.2927
Hadiyani, V. P., & Salam, H. (2024). Stimulating motivation of low-class students' interest in remote regions through card media and image media. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 7(1), 98-105. https://doi.org/10.32923/kjmp.v7i1.4349
Hadiyani, V. P., Susanto, D., & Yaqin, Z. N. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara narasi pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Mojorejo 01 Batu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 538. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8329
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan mixed methods. Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayati, S., & Restian, A. (2023). Peningkatan kreativitas menggunakan model project-based learning mata pelajaran IPAS konteks merdeka belajar kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7860
Laili, I. R., Budiono, & Cahayati, N. (2023). Peningkatan kreativitas siswa pada materi bangun datar menggunakan model project-based learning (PjBL) di kelas 1 SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7624
Lamonge, A. S. (2023). Metode penelitian eksperimen. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (hlm. 308). Get Pres Indonesia.
Lewa, F. (2023). Uji Wilcoxon. Dalam Bunga Rampai Statistik Kesehatan (hlm. 190). CV Pena Persada.
Mona, N., & Rachmawati, R. C. (2023). Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan keterampilan kreativitas peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 150-167. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.230
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project-based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan menggunakan model PjBL di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813-820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model project-based learning mata pelajaran seni rupa melalui kolase mix media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diniyatun Nurul Laili, Musa’adatul Fithriyah, Vino Putra Hadiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)