Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Diniyatun Nurul Laili Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Musa’adatul Fithriyah Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Vino Putra Hadiyani Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6144

Keywords:

model PJBL, kreativitas, SBDP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di kelas IV MI Miftahul Ulum Kuluran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran PjBL. Rata-rata skor pretest siswa sebesar 71,47, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 95,82 yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 24,35. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,85 menunjukkan peningkatan kreativitas dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL memberikan pengaruh terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP kelas IV di MI Miftahul Ulum Kuluran.

References

Abdi, R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(4), 9-15.

Angga, A. (2022). Penerapan problem-based learning terintegrasi STEAM untuk meningkatkan kemampuan 4C siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281-294. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan model project-based learning ditinjau dari kurikulum merdeka dalam mengembangkan kreativitas belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh model project-based learning berbantuan media pop-up book terhadap peningkatan kreativitas siswa pada tema 8 kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 491-497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Rahmah, A. (2022). Pemanfaatan model project-based learning sebagai stimulus kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3887-3895. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2794

Fazria, M. N., & Wati, T. L. (2022). Analisis kreativitas menggambar imajinasi peserta didik kelas IV ditinjau dari aspek (kemampuan tinggi, sedang, rendah) di SDN. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257-276. Hayatun, M. A., & Fithriyah, M. (2023). Pengaruh model group investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV di MI Darul Ulum. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 62-69.

Hadiyani, V. P. (2024). Teacher's efforts in improving traditional dance art typical of Malang in extracurricular class V elementary school. Jurnal Ilmiah Iqra', 18(2), 123-132. https://doi.org/10.30984/jii.v18i2.2927

Hadiyani, V. P., & Salam, H. (2024). Stimulating motivation of low-class students' interest in remote regions through card media and image media. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 7(1), 98-105. https://doi.org/10.32923/kjmp.v7i1.4349

Hadiyani, V. P., Susanto, D., & Yaqin, Z. N. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara narasi pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Mojorejo 01 Batu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 538. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8329

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan mixed methods. Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayati, S., & Restian, A. (2023). Peningkatan kreativitas menggunakan model project-based learning mata pelajaran IPAS konteks merdeka belajar kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7860

Laili, I. R., Budiono, & Cahayati, N. (2023). Peningkatan kreativitas siswa pada materi bangun datar menggunakan model project-based learning (PjBL) di kelas 1 SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7624

Lamonge, A. S. (2023). Metode penelitian eksperimen. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (hlm. 308). Get Pres Indonesia.

Lewa, F. (2023). Uji Wilcoxon. Dalam Bunga Rampai Statistik Kesehatan (hlm. 190). CV Pena Persada.

Mona, N., & Rachmawati, R. C. (2023). Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan keterampilan kreativitas peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 150-167. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.230

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project-based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan menggunakan model PjBL di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813-820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model project-based learning mata pelajaran seni rupa melalui kolase mix media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Laili, D. N., Fithriyah, M., & Hadiyani, V. P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 157–168. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6144

Issue

Section

Articles

Citation Check