Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jurang terhadap Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6325Keywords:
media pembelajaran, papan jurang, motivasi belajar, pemahaman belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II UPTD SD Negeri Sepulu 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 61 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas II-A sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan soal digunakan untuk mengetahui pemahaman belajar siswa. Uji yang digunakan untuk mengetahui valid dan reliabelnya instrumen yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran papan jurang berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa. Berdasarkan hasil uji analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk motivasi. Sedangkan untuk pemahaman nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga ada pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa.
References
Amir, A. (2022). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259
Arda, dkk. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains. 3(1), 69–77.
Asyriah, N., & Sari, K. (2024). Pengaruh Media Tangga Pintar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik MI Muara Pipi’i. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1337. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3518
Ayuningrum, K. D., Mushafanah, Q., & Kusniati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jurang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02. Majalah Lontar, 35(1), 51–57. https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18745
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Pristiwanti, D. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Seplin Palin. (2023). Belajar dan Pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital Redaksi.
Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.902
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(80), 33–40.
Siti Komariyah, A. F. N. L. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Wahyudi, A. tri, Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2023). Pengembangan media Pembelajaran Papan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di Mi Al-Ahsan Mendalanwangi Wagir. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(3), 437–445.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ayu Citra Kusuma Wardani, Ihwan Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)