Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jurang terhadap Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ayu Citra Kusuma Wardani STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
  • Ihwan Firmansyah STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6325

Keywords:

media pembelajaran, papan jurang, motivasi belajar, pemahaman belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II UPTD SD Negeri Sepulu 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 61 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas II-A sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan soal digunakan untuk mengetahui pemahaman belajar siswa. Uji yang digunakan untuk mengetahui valid dan reliabelnya instrumen yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran papan jurang berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa. Berdasarkan hasil uji analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk motivasi. Sedangkan untuk pemahaman nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga ada pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa.

References

Amir, A. (2022). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259

Arda, dkk. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains. 3(1), 69–77.

Asyriah, N., & Sari, K. (2024). Pengaruh Media Tangga Pintar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik MI Muara Pipi’i. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1337. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3518

Ayuningrum, K. D., Mushafanah, Q., & Kusniati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jurang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02. Majalah Lontar, 35(1), 51–57. https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18745

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Pristiwanti, D. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Seplin Palin. (2023). Belajar dan Pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital Redaksi.

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.902

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(80), 33–40.

Siti Komariyah, A. F. N. L. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Wahyudi, A. tri, Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2023). Pengembangan media Pembelajaran Papan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di Mi Al-Ahsan Mendalanwangi Wagir. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(3), 437–445.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Wardani, A. C. K., & Firmansyah, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jurang terhadap Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 55–65. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6325

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.