Pemanfaatan Jaringan Sosial sebagai Ruang Kolaboratif di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Alif Setyawan Pascasarjana Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Tutuk Ningsih Pascasarjana Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8231

Keywords:

jejaring sosial, kolaborasi digital, pembelajaran kolaboratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana jejaring sosial dimanfaatkan sebagai ruang kolaboratif di lingkungan sekolah, dengan menyoroti dinamika sosial dan budaya yang muncul dalam proses pembelajaran digital. Fenomena ini menjadi relevan seiring meningkatnya penggunaan platform jejaring sosial seperti WhatsApp dan Instagram sebagai sarana interaksi dan kolaborasi antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan dilaksanakan di sepuluh Sekolah Dasar dan enam Madrasah Ibtidaiyah di Purbalingga. Partisipan penelitian berjumlah empat puluh delapan informan, terdiri atas enam belas guru dan tiga puluh dua siswa kelas lima dan enam, yang dipilih karena secara aktif menggunakan jejaring sosial dalam kegiatan pembelajaran dan kolaborasi. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi digital, kemudian dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, jejaring sosial berfungsi sebagai ruang kolaboratif yang efektif, memungkinkan interaksi dan pembelajaran lintas waktu dan tempat. Kedua, terdapat tantangan dalam pengelolaan waktu, perlindungan privasi, dan pemanfaatan jejaring sosial yang belum sepenuhnya produktif. Ketiga, jejaring sosial berperan dalam penguatan profesionalisme guru melalui komunitas daring yang mendukung berbagi pengetahuan dan refleksi pedagogis. Temuan ini memperkaya pemahaman tentang pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi dan mendukung teori konstruktivisme sosial yang menekankan interaksi sebagai dasar pembentukan pengetahuan. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya literasi digital, kebijakan sekolah yang jelas, serta pelatihan bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan potensi jejaring sosial dalam pembelajaran kolaboratif yang aman dan bermakna.

References

Abas, B. F., & Ningsih, T. (2025). Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Peran Media Sosial dalam Transformasi Proses Pembelajaran dan Interaksi Sosial pada Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 176–187.

Anam, M. C., Shobri, A. Y., Mandalika, U. P., Malang, U. N., & Belajar, O. (2023). Revolusi Teknologi di Ruang Kelas: Membentuk Kelompok Organisasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 18 Mataram. 4(3), 1628–1632.

Bourdieu, P. (1992). Three approaches to social capital. Retrieved From.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1986). Organizational information requirements, media richness and structural design. Management Science, 32(5), 554–571. https://doi.org/10.1287/mnsc.32.5.554

Dania, A., & Griffin, L. L. (2021). Using social network theory to explore a participatory action research collaboration through social media. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 13(1), 41–58.

Froehlich, D. E., Van Waes, S., & Schäfer, H. (2020). Linking quantitative and qualitative network approaches: A review of mixed methods social network analysis in education research. Review of Research in Education, 44(1), 244–268. https://doi.org/10.3102/0091732X20903311

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Hayati, F. H., & Ningsih, T. (2024). Peran Media Sosial dalam Pelajaran IPS Kelas V di MI Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan. Islamika, 6(3), 938–950. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.4841

Issalillah, F., Masnawati, E., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Mamesah, D. A., Jaatsiyah, A. E., & Halizah, S. N. (2024). Strategi Kolaboratif Dalam Pengembangan Lingkungan Pembelajaran Kreatif Fayola. 4, 49–62.

Janah, N., Prima, P., & Galih, A. P. (2024). The analysis of social media use in collaborative learning on the implementation of online knowledge sharing to improve student academic performance. Jurnal Pedagogy, 11(2). https://doi.org/10.33394/jp.v11i2.10582

Lin, X., Hu, X., Hu, Q., & Liu, Z. (2016). A social network analysis of teaching and research collaboration in a teachers’ virtual learning community. British Journal of Educational Technology, 47(2), 302–319. https://doi.org/10.1111/bjet.12234

M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Marsuki, N. R., Saifullah, M., & Nurdin, N. (2025). Dampak sosial media terhadap pembelajaran dan interaksi siswa. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 26–44. https://doi.org/10.47861/jdan.v3i1.1593

Moolenaar, N. M. (2012). A social network perspective on teacher collaboration in schools: Theory, methodology, and applications. American Journal of Education, 119(1), 7–39. https://doi.org/10.1086/667715

Nuryanti, N., Juhadi, J., & Tanggur, F. S. (2025). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Revitalisasi Permainan Tradisional sebagai Pendidikan Sosial Budaya di Sekolah Dasar. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(2), 226–238. https://doi.org/10.37792/hinef.v4i2.1623

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y

Pierre Dillenbourg. (1999). Computer-supported collaboration in language learning. What Do You Mean by “Collaborative Learning”?Collaborative-Learning: Cognitive and Computational Approaches., 1, 1–19. https://doi.org/10.4018/978-1-60566-786-7.ch012

Usman, I. (2025). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Interaksi Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas), 1(April), 36–43.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind In Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wellman, B., Carrington, P., & Hall, A. (1988). Networks as personal communities. Social Structures: A Network Approach, 2, 130–184.

Downloads

Published

2025-12-06

How to Cite

Setyawan, A., & Ningsih, T. (2025). Pemanfaatan Jaringan Sosial sebagai Ruang Kolaboratif di Lingkungan Sekolah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1006–1026. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8231

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.