Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6852Keywords:
kompetensi pedagogik, guru, pembelajaran, ipsAbstract
Kompetensi pedagogis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki bagi pendidik untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan bermakna, terutama dalam konteks Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kompetensi pedagogis guru IPS di SD Negeri 2 Wlahar Purbalingga dalam mengembangkan pembelajaran, khususnya di tengah tantangan adaptasi teknologi dan relevansi kontekstual. Mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap guru IPS kelas empat dan lima. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang kuat terhadap karakteristik siswa dan kemampuan perencanaan pembelajaran yang sistematis. Namun, terdapat tantangan dalam integrasi media digital, penerapan metode pembelajaran inovatif (PBL/PjBL), variasi asesmen autentik, dan sistematisasi refleksi pembelajaran, seringkali karena keterbatasan sarana dan pelatihan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas profesional guru melalui pelatihan berkelanjutan yang berfokus pada inovasi pedagogis dan penyediaan sumber belajar yang memadai, serta studi lanjutan untuk menguji efektivitas intervensi tersebut di berbagai konteks.
References
Acesta, A., Setiawati, I., Triariani, M., Julianah, & Ridwan, F. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SD: Meningkatkan Kompetensi Menulis Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 3(2), 126–133. https://doi.org/10.25134/jise.v3i2.111
Anggraini, L., Noviani, D., Safitri, D., & Vitasari, D. (2025). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Pengembangan Profesional Berkelanjutan. Khazanah Akademia, 9(01), 01–08. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i01.428
Hidayat, N. A. S. N., Nisa, N., Apriliani, S. L., & Prihantini, P. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membangun Hasil Belajar Yang Efektif. Aulad Journal on Early Childhood, 4(3), 214–221. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.206
Ikhsan, F. A., Kurniawan, F., Apriyanto, B., & Nurdin, E. A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetesi Profesionalisme Guru Ips Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 13. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5833
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540
Indriyati, N. A. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 Di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Kependidikan, 11(2), 240–253. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702
Julaika, S., Hasanah, N., Mawaddah, D., Sari, K., & Situmorang, J. J. (2024). Analisis Kompetensi Kepribadian Seorang Guru Bahasa Inggris Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri. Ijim, 2(3), 164–173. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.164
Lestari, N. P. A. D., Sukadi, S., Maryati, T., & Sriartha, I. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 165–175. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.61235
Matangwar. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Secara Kolaboratif. Efj-He, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.71259/yvfwdk96
Nahdi, K., Atiaturrahmaniah, A., Sururuddin, M., Yunitasari, D., Suhartiwi, S., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SD Berdasarkan Kesulitan Analitis Belajar Bahasa Indonesia Menurut CPD Framework. Research and Development Journal of Education, 7(2), 330. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.9705
Rahmadani, A. W., & Wiradimadja, A. (2022). Peran Kompetensi Pedagogi Guru IPS: Studi Kasus Upaya Mengatasi Hambatan Dan Tantangan Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Prambon. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 7(2), 88. https://doi.org/10.17977/um022v7i22022p88
Rahmawati, B. F., & Zidni, Z. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia Jurnal Ilm Sejarah Dan Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/fhs.v3i1.1844
Rijal, A. S. (2019). Pelatihan Teknik Membuat Evaluasi Pembelajaran Dalam Penigkatan Profesionalisme Guru IPS MTs Wustha Dan MA Al-Ula PPS. Babus Salam Kangenan Pemekasan. Perdikan (Journal of Community Engagement), 1(1). https://doi.org/10.19105/pjce.v1i1.2239
Rizkiyani, V., & Kristin, F. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 559–566. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.53358
Rohimah, Rt. B., & Ngulwiyah, I. (2023). Tren Metode Pembelajaran Al-Qur’an Di Indonesia Tahun 2019-2023: Sebuah Systematic Review. Jpak, 1(2), 85–94. https://doi.org/10.53889/jpak.v1i2.329
Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan Terhadap Pencapaian Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Di Era Digital. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 25–31. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.937
Sitinjak, D. S. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogi Dan Penguasaan Konsep Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia Yang Profesional. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 603–610. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.379
Sumardeni, W., Astawa, I. B. M., & Maryati, T. (2023). Pengaruh Task-Based Learning Model Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Media Komunikasi Fpips, 22(1), 80–92. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i1.51045
Susanti, L., Hernawan, A. H., Dewi, L., Najmudin, D., & Abdurohim, R. (2024). Enhancing Teacher Competencies in ESD: A Framework for Professional Development. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2305–2330. https://doi.org/10.17509/jik.v21i4.75831
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah Dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649
Tamsiyati, E., Kurnia, R., Amilda, A., & Junaidah. (2024). Kesiapan Guru Menyongsong Era 5.0. Ije, 1(3), 63–67. https://doi.org/10.71417/ije.v1i3.161
Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., & Nurbayani, S. (2022). Pedagogi Kreatif Dalam Pembelajaran Ips: Studi Di SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Wuny, 4(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.48379
Wowor, B. M., Wonggo, D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Mobile Di SMP Kristen Tondangow. Edutik Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 843–849. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6339
Wuryani, E., & Nugroho, L. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Merancang Pembelajaran Sejarah Terdeferensiasi Dengan Artificial Intelligence Collaborated Education (A.I.C.E). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5345–5352. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Usri Maharyati, Tutuk Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)