Peran Komunitas Belajar Guru dalam Mendukung Inovasi Platform Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8728Keywords:
komunitas belajar guru, inovasi digital, platform pembelajaran digital, sekolah dasarAbstract
Perkembangan teknologi digital menuntut sekolah dasar untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis platform digital, namun keterbatasan kompetensi guru dan pendampingan profesional masih menjadi kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunitas belajar guru dalam mendukung inovasi platform pembelajaran digital di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di SDN 13/I Muara Bulian, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, ketua komunitas belajar guru, dan guru-guru yang terlibat aktif dalam komunitas belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas belajar guru berperan sebagai sarana pengembangan kompetensi profesional guru, media difusi dan pendampingan inovasi pembelajaran digital, serta penguat kolaborasi dan keberlanjutan praktik pembelajaran berbasis teknologi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan optimalisasi komunitas belajar guru intra-sekolah sebagai strategi berkelanjutan dalam mendukung transformasi pembelajaran digital di sekolah dasar.
References
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
https://doi.org/10.2307/249008
Dwi, A. P., Suryadi, A., & Wahyuni, S. (2023). Tantangan guru sekolah dasar dalam implementasi pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 134–145. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdi
Kalman, K., Muhammadiah, M., & Hasbi, M. (2024). Implementasi Komunitas Belajar Dalam Peningkatan Kompetensi Guru UPTD Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Mamuju Tengah. Bosowa Journal of Education, 5(1), 137–143. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5278
Kemendikbudristek. (2022). Transformasi digital pendidikan dasar dan menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
OECD. (2021). 21st-century readers: Developing literacy skills in a digital world. OECD Publishing.
https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en
Prasetyo, Z. K., Widodo, A., & Suryadi, A. (2024). Dukungan kepemimpinan sekolah dalam penerapan pembelajaran digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 66–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmp
Rahmani, F. (2024). Peran komunitas belajar guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 45–56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jipgsd
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.
https://books.google.com/books?id=9U1K5LjUOwEC
Sari, R., & Rahayu, S. (2022). Literasi digital guru sekolah dasar dalam pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(6), 1032–1040. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp
Sari, S. P., Rahmawati, D., & Nugroho, A. (2024). Pendampingan sejawat dalam komunitas belajar guru untuk mendukung pembelajaran digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 21–32.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipd
Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2023). Technology acceptance and teachers’ digital competence: A systematic review. Computers & Education, 190, 104601.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104601
Teo, T., Zhou, M., Fan, A. C. W., & Huang, F. (2022). Factors that influence teachers’ acceptance of digital technology. Educational Technology Research and Development, 70(1), 293–315.
https://doi.org/10.1007/s11423-021-10072-6
Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2023). A review of research on the impact of professional learning communities on teaching practice and student learning. Teaching and Teacher Education, 121, 103935.
https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103935
Winarsih, T., Supriyanto, A., & Kusumaningrum, D. E. (2022). Komunitas belajar guru sebagai strategi peningkatan kompetensi profesional. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 265–274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Fadhilla Rahman, Ahmad Hariandi, Andi Gusmaulia Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the