Analisis Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7628Keywords:
media berbasis canva, ips sekolah dasar, pembelajaran interaktif, literasi visual, tinjauan pustakaAbstract
Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan menganalisis pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Latar belakang kajian ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan mudah diakses guna meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap materi IPS. Metode yang digunakan adalah literature review terhadap berbagai sumber primer dan sekunder, termasuk artikel jurnal, prosiding, dan laporan penelitian yang relevan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Analisis difokuskan pada tiga aspek utama: (1) desain dan pengembangan media berbasis Canva, (2) efektivitas media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, serta (3) tantangan dan peluang implementasi di lingkungan sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Canva mampu memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik, memotivasi siswa, serta mempermudah guru dalam merancang materi visual yang adaptif dan kontekstual. Namun, pemanfaatannya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan literasi digital guru, ketersediaan perangkat, dan akses internet. Kajian ini merekomendasikan pelatihan intensif bagi pendidik serta integrasi Canva dengan strategi pembelajaran aktif untuk memaksimalkan dampak positifnya dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.
References
Anshar, B. (2025). Analisis tantangan transformasi peran guru dalam pembelajaran di era digital. Comserva: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 492–511. https://doi.org/10.59141/comserva.v5i2.3148
Arwindi, S., Nuraeni, Y., & Marchani, N. (2025). Efektivitas media interaktif berbasis Canva dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV SDN Kedaung Wetan 7. Sindoro Cendekia Pendidikan, 11(4). https://doi.org/10.9644/Sindoro.V3i9.252
Burhanuddin, B., Khaer, J., Wardani, E., Amanda, D. T., Susilawati, K., & Rizwan, M. (2025). Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Guru di SD Negeri 1 Kalijaga Tengah. Jurnal Abdi Populika, 6(1), 47-52.
Khairani, N. U. R., & Mudinillah, A. (2022). Pemanfaatan penggunaan aplikasi Canva pada pelajaran IPS Kelas 4 SD 23 Rambatan. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 29–42. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5101
Laela, D. F., Basuki, D. D., & Subandriyo. (2025). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) Kelas V di salah satu SDI TQ Karawang. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 826–841. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4789
Maharyati, U., & Ningsih, T. (2025). Kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan pembelajaran di sekolah dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 323–333. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6852
Nurhayati, S. S., Rumapea, E. L. B., & Ahmad. (2024). Inovasi pendidikan di era digital. Media Penerbit Indonesia.
Rahmiwati, H. A., & Rahman, N. (2025). Penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada murid Kelas VI UPT SD Negeri 74 Bontorita II Kabupaten Takalar. Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), 1998–2002. https://doi.org/10.57235/aurelia.v4i2.5377
Rambe, Y. S., Rozi, F., Mailani, E., Sirait, A. P., & Manurung, I. F. U. (2024). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan Canva pada pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 19 Rantau Utara T.A 2023/2024. Guru Kita, 8(4), 715–726. https://doi.org/10.24114/Jgk.V8i4.59420
Rohmiasih, C., & Sartika, S. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran Canva sebagai upaya mewujudkan transformasi pendidikan. Dalam 1st Proceedings of Unimbone 2023 (hlm. 69–73).
Samosir, R. A. P., Adrias, & Zulkarnaini, A. P. (2025). Penggunaan media interaktif berbantuan Canva dalam pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Transformatif, 4(3), 1–7. https://doi.org/10.9000/Jpt.V4i3.2111
Sulisworo, D., & Kusumaningtyas, D. A. (2022). Respon pembelajaran kolaboratif dengan aplikasi online. Bincang Sains dan Teknologi (BST), 1(1), 12–17. https://doi.org/10.56741/Bst.V1i01.41
Suroso, E., & Ilawati. (2025). Efektivitas pembelajaran interaktif digital dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa SMP. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3(3), 278–290. https://doi.org/10.61132/Sadewa.V3i3.2078
Syachruroji, A., Salamah, I., Yuniasari, & Imandha, A. F. P. (2025). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Canva pada materi wujud zat dan perubahannya di Kelas IV SDN Gelam. Ijedr: Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Irfandi Lahamado, Lukman Lukman, Zulnuraini Zulnuraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)