Penerapan Literasi Digital dalam Keterampilan Menyimak Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7310Keywords:
literasi digital, keterampilan menyimak, pembelajaran bahasa indonesiaAbstract
Penelitian ini ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami unsur-unsur cerita sepertu judul, tokoh, latar, pesan, dan isi cerita.Kurangnya penggunaan media yang menarik dalam proses pembalajaran juga menjadi salah satu faktor penyebab siswa kurang fokus dan tidak termotivasi dalam kegiayan menyimak. Oleh karena itu, bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap keterampilan menyimak cerita siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V UPT SPF SD Inpres tello Baru II Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen “One Group Pretest-Posttest Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas VA yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal essay yang terdiri dari lima indikator keterampilan menyimak. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest serta analisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari pretest sebesar 63,62 menjadi 89,31 pada posttest setelah diterapkan literasi digital dalam pembelajaran. Uji-t menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Seluruh siswa mencapai kategori ketuntasan setelah perlakuan, yang menunjukkan bahwa penggunaan media digital sangat berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesisi nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima yang berarti bahwa penerapan literasi digital berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tello Baru II Makassar.
References
Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 54-57.
Aryani, S. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, Vol. 3, 266-270.
Berek, P. F. V. B. (2024). Analisis Tren Penelitian Literasi Digital dalam Konteks Pemilihan Umum. 9(2). https://doi.org/10.24903/fpb.v9i2.3236
Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Ilfani, D. A., Rulviana, V., & ... (2023). Penerapan Modul Literasi Digital Berbasis Budaya Lokal Madiun untuk Meningkatan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V SDN 02 Klegen Madiun. … Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 908-918.
Jessica, A. R. A., Harmianto, S., & Mareza, L. (2020). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 139-146. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.529
Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1145-1150. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9176
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554-559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Nailiah, I. M., & Saputra, E. R. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Pengembangan Media ICT Berbasis Video Animasi. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 8-15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976
Nirmalasari, N., Munirah, M., & Anzar, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 51 Toli-Toli Kabupaten Pangkep. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(2), 611-618. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i2.3075
Nuha. (2024). Penerapan Media Literasi Digital E-book Cerita Anak Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 1(2), 1-23. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i2.59
Rohmalinda, I., Wardiah, D., & Ali, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Fiksi Melalui Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 213 Palembang. Journal on Education, 05(03), 10423-10433.
Sukri Syamsuri, M. H. (2022). Minat dan Motivasi Belajar Keterampilan Berbahasa Siswa Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH) Kelas XII MIPA 4 Man 2 Kota Makassar (Studi Kasus). Bahasa Dan Sastra, 8(2), 2022. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1923
Taufik, T., Putra, A., Imansyah, M. N., Nurdianah, N., & Iwansyah, I. (2023). Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 543. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584
Warda, Sulfasyah, & Akib, T. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran kooperatif Tipe Script dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i1.805
Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388-397. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1084
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Putri Pebriani, Andi Adam, Anzar Anzar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)