Integrasi Model Problem Based Learning dan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6684Keywords:
hasil belajar, pembelajaran berdiferensisasi, sekolah dasar, problem based learningAbstract
Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat, khususnya pada mata pelajaran matematika, memengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik sehingga penelitian ini bertujuan meningkatkan keberhasilan guru menerapkan model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi KPK dan FPB di kelas V B SD Negeri 02 Manado serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar, dengan analisis deskriptif berdasarkan presentase ketuntasan minimal 75%.
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, M. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462
Astuti, S. (2023). Pengembangan media kongkrit pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas IV SD Inpres Maccini Baru Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(3), 45–53.
Barimbing, A., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577
Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X, 09(03), 1660–1670.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Mahmudah, I., Prastowo, A., & Sunedi, S. (2022). Model Drill and Pratice Berbasis Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2652–2659. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1202
Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. F. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15–24. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942
Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Muspiroh, M., Faikoh, F., & Roihah, W. (2025). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pohon KPK dan FPB dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Peserta Didik. 3.
Nurdiana, N., Silaban, P. J., & Silaban, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LeNurdiana, N., Silaban, P. J., & Silaban, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi KPK dan FPB di Kelas IV SDN Krueng Baung. Jurnal Bima: Pusat . Jurnal Bima: Pusat Publikasi …, 2(1). https://journal.aripi.or.id/index.php/Bima/article/view/642%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Bima/article/download/642/647
Puspita, D. (2024). Eksplorasi Strategi Pengajaran untuk Memperkuat Keterampilan Pemecahan Masalah Geometri Mahasiswa. 4(1), 1–21.
Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584–1602. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1178
Sawitri, A., & Susanti, S. S. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Strategi Ice Breaking pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Baitul Ilmi Sadar Sriwijaya. 4(1), 127–137. https://doi.org/10.37680/absorbent
Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning Terintegrasi Role Play untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Proceeding Biology Education …, 20, 54–60. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/82558%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/82558/43467
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.
Tanjung, D. S., & Juliana, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(1), 37. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.27405
Widyaningrum, R., Azizah, M., Info, A., & Learning, D. (2023). BERDIFERENSIASI PESERTA DIDIK KELAS IVB SD NEGERI. 17(2), 152–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Richard Pangkey, Maria Fransisca Sukadi, Roos M. S. Tuerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)