Pembentukan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pemanfaatan Barang Bekas di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7696Keywords:
barang bekas, karakter cinta lingkungan, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo. Karakter cinta lingkungan menjadi salah satu nilai penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini untuk menciptakan generasi yang peduli terhadap kelestarian alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas, siswa, serta kepala sekolah. Hal ini meliputi (1) adanya program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru (2) Pemaparan pelaksanaan program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru (3) Kendala-kendala dalam pelaksanaan program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru.
References
Ahada, N., & Zuhri, A. F. (2020). Menjaga kelestarian hutan dan sikap cinta lingkungan bagi peserta didik MI/SD di Indonesia. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 35–46. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.43
Fitriyanti, L. N., & Setiawan, A. C. (2024). Implementasi program Surabaya Eco School (SES) dalam menumbuhkan karakter cinta lingkungan (Studi kasus di SDN Rungkut Menanggal I Surabaya). Journal Edu Learning, 3, 25–30.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan kegiatan belajar siswa dengan memanfaatkan barang bekas untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(2), 61. https://doi.org/10.51278/bce.v1i2.232
Lestari, P. W., Septaria, B. C., & Putri, C. E. (2020). Edukasi “Minim Plastik” sebagai wujud cinta lingkungan di SDN Pejaten Timur 20 Pagi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 43–52. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2034
Ma’ruf, A., Novanto, A. E., & Ferdiansyah, F. (2022). Upaya guru dalam penanaman karakter cinta lingkungan berbasis hidden curriculum pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(2), 95–110. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i2.329
Meika R, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa peduli terhadap lingkungan pada sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617
Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang kardus terhadap kemampuan bercerita peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196–3202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267
Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Penguatan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar melalui karya seni ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5120
Apriliani, D. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran sekolah dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i1.1330
Septiana, T., & Rosmiati, N. (2023). Penanaman karakter cinta lingkungan sekolah melalui program daily activities bank sampah daur ulang (Bank SADAR) sebagai wujud perilaku warga negara yang baik di Fathia Islamic School Kota Sukabumi. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.58707/ikhlas.v2i2.590
Silasari, S. P., Irianto, A., & Pramulia, P. (2022). Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan pembentukan karakter cinta lingkungan di SDN Margorejo 1/403 Surabaya, 13(2), 184–192. https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.119
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Trilisiana, N., Kusumawardani, E., Yani, D., Ardila, I., Pratiwi, S., Rahmawati, T. N., Risda, D., Krishnawati, N., Andika, A., & Mutia Qana, A. (2023). Pendidikan karakter. CV. Selembar Karya Pustaka. https://digilib.staimuttaqien.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4468&keywords=
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Arina Nur Asyfa, Apri Irianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)