Pembentukan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pemanfaatan Barang Bekas di Sekolah Dasar

Authors

  • Arina Nur Asyfa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7696

Keywords:

barang bekas, karakter cinta lingkungan, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo. Karakter cinta lingkungan menjadi salah satu nilai penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini untuk menciptakan generasi yang peduli terhadap kelestarian alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas, siswa, serta kepala sekolah. Hal ini meliputi (1) adanya program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru (2) Pemaparan pelaksanaan program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru (3) Kendala-kendala dalam pelaksanaan program pembentukan karakter cinta lingkungan melalui pemanfaatan barang bekas di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1 Waru.

References

Ahada, N., & Zuhri, A. F. (2020). Menjaga kelestarian hutan dan sikap cinta lingkungan bagi peserta didik MI/SD di Indonesia. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 35–46. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.43

Fitriyanti, L. N., & Setiawan, A. C. (2024). Implementasi program Surabaya Eco School (SES) dalam menumbuhkan karakter cinta lingkungan (Studi kasus di SDN Rungkut Menanggal I Surabaya). Journal Edu Learning, 3, 25–30.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan kegiatan belajar siswa dengan memanfaatkan barang bekas untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(2), 61. https://doi.org/10.51278/bce.v1i2.232

Lestari, P. W., Septaria, B. C., & Putri, C. E. (2020). Edukasi “Minim Plastik” sebagai wujud cinta lingkungan di SDN Pejaten Timur 20 Pagi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 43–52. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2034

Ma’ruf, A., Novanto, A. E., & Ferdiansyah, F. (2022). Upaya guru dalam penanaman karakter cinta lingkungan berbasis hidden curriculum pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(2), 95–110. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i2.329

Meika R, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa peduli terhadap lingkungan pada sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617

Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang kardus terhadap kemampuan bercerita peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196–3202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267

Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Penguatan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar melalui karya seni ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5120

Apriliani, D. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran sekolah dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i1.1330

Septiana, T., & Rosmiati, N. (2023). Penanaman karakter cinta lingkungan sekolah melalui program daily activities bank sampah daur ulang (Bank SADAR) sebagai wujud perilaku warga negara yang baik di Fathia Islamic School Kota Sukabumi. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.58707/ikhlas.v2i2.590

Silasari, S. P., Irianto, A., & Pramulia, P. (2022). Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan pembentukan karakter cinta lingkungan di SDN Margorejo 1/403 Surabaya, 13(2), 184–192. https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.119

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Trilisiana, N., Kusumawardani, E., Yani, D., Ardila, I., Pratiwi, S., Rahmawati, T. N., Risda, D., Krishnawati, N., Andika, A., & Mutia Qana, A. (2023). Pendidikan karakter. CV. Selembar Karya Pustaka. https://digilib.staimuttaqien.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4468&keywords=

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Asyfa, A. N., & Irianto, A. (2025). Pembentukan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pemanfaatan Barang Bekas di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 736–749. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7696

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.