Efektivitas Quizalize Game Sebagai Media Edukasi Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7388Keywords:
media pembelajaran, game edukatif, quizalize, isu lingkungan social, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa sekolah dasar terhadap isu lingkungan sosial, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang cenderung teoritis dan kurang kontekstual. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran tematik berbasis permainan Quizalize Games dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap delapan artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Quizalize mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan pemahaman konseptual, serta mendukung asesmen formatif secara real-time. Namun demikian, implementasi media ini masih menghadapi kendala, seperti terbatasnya infrastruktur digital, rendahnya literasi digital guru, dan belum optimalnya integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi lintas sektor untuk mendukung penerapan media pembelajaran digital yang kontekstual, inklusif, dan berkelanjutan di pendidikan dasar.
References
Abdul Latiff, Dzaa Imma, Suhaila Kamal, Ahmad Syakir Salman Salleh @ Abdul Latif, Muhammad Nabihan Abu Bakar, and Wan Anis Aqilah Megat Zambri. 2024. “From Play to Practice: The Role of Game-Based Learning in Facilitating Learning Motivation, Enjoyment and Performance in Classroom.” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 13(3):2377–90. https://doi.org/10.6007/ijarped/v13-i3/22155
Amila, Ummi, Sholiha Marpaung, Ismail Saleh Nasution, M. Afiv Toni, and Suhendra Saragih. 2025. “Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8(3):3223–28
Arif Widiyatmoko, and Melissa Salma Darmawan. 2022. “Implementasi Gamepencemaran Lingkungan Untuk Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Smp.” … Seminar Nasional IPA 245–53
Arka, I. Wayan. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif.” 4(2):7–12
Burhan, Nurwidyayanti, Asdar, Ahmad Swandi, and Abdurrachman Rahim. 2024. “Pengembangan Game Edukasi dan Animasi.” 5(5):9001–7
Elsi, Sirampun, Hermin, Poltjes Pattipeilohy, and Saripuddin. 2024. Model Pembelajaran Teori, Praktik Dan Inovasi. Medan: Media Penerbit Indonesia
Etnawati, Susanti. 2022. “Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan 22(2):130–38. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Febrian, Wenny Desty, and Agung Solihin. 2023. “Pengembangan Karakter Keramahan Dan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Pariwisata Di Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta ( Evelopment of The Character of Hospitality and Human Resources Management in Increasing Tourism A.” 1(3):11–14
Hafizha, Faiza Zalfa, Kana Febriani, Oktaviani, Primanita Sholihah Rosmana, Sofyan Iskandar, Tegar Selaras Gustavisiana, and Windy Aledya Rosyani. 2020. “Penggunaan Quizalize Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cahaya Mandalika (JCM) 31–36
Handiyati, Tintin, Siti Qomariyah, and Jimmi Kurniawan. 2023. “Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di MI Cimahi Peuntas Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Pendidikan Berkarakter 1(4):108–40. https://doi.org/10.2307/j.ctv1nth4c.13
Huda, Muhamat Maariful, Vion Age Tricahyo, Rizqi Darma Rusydian Yusron, and Amalia Agung Septarina. 2024. “Analisis Tingkat Literasi Digital Siswa Berbasis Web Game Edukasi Sebagai Bagian Kesiapan Pembelajaran Digital.” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer 2(2):85–97. https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.352
Khairani, Gusti, Rina Hayati Maulidiah, and Isnaini Isnaini. 2024. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Digital Quizalize Berbasis Game Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii-1 Smpn 3 Kisaran.” Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 8(2):149–53. https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.8954
Kumar, Manoj, Xin Wei Chang, and Ameer Faqh. 2024. “Implementation of Game-Based Learning in Improving Learning Motivation of Elementary School Students.” 1(1):19–23
Lisda, Nur, and Jasiah. 2025. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS QUIZALIZE DENGAN MODEL MORISSON PADA MATA PELAJARAN AL- QUR ’ AN HADITS KELAS X DI M A DARUL AMIN.” At Tarbiayah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2(April 2025):134–44
Melati, Puji Dinda, Carmelira Angel Gulo, Eko Puspita Rini, Nova Ida Silalahi, Faujia Latif, and Hansein Arif Wijaya. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Atas.” 7:29477–86
Milandi, Siska Destia, Hikmal Akbar, and Laura Anglea Caesar Maeva. 2025. “Peran Pemuda Sebagai Generasi Peduli Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesadaran Konservasi Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup.” 3(1):1–9
Mutia. 2021. “Characteristics of Children Age of Basic Education.” FITRAH 3(1):114–30
Rahmani, Celsia Ditha, Adrias, and Fadilla Suciana. 2025. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar.” JSinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 4(1):268–78
Rahmat sinaga, Basuki. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Kode: Jurnal Bahasa 7(1):79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113
Rahmatullah, Annisa Ramadhani, Rezi, Muh Ahmad, Said, Ihsan, Inanna, and Nurjannah. 2022. “Media Pembelajaran Kontekstual Learning Berbasis Game Edukasi Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling (IJoLEC) 5(1):59–68
Rahmawati, Septina, and Dhina Cahya Rohim. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3):198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p198-203
Ramdani, Rizal, Ika Yuliana, Restu Alpiansah, Aryan Agus Pratama, and Puspita Dewi. 2024. “Discussion on Radio: Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Lingkungan.” JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi 2(4):719–28. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i4.392
Rinawati, Kiki, and Siti Rukmana. 2024. “Yojo in Kaili Land : Board Game Kearifan Lokal Terintegrasi Augmented Reality Sebagai Media Literasi Pancasila Dan Pendidikan Karakter Mendukung SDGs.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ibrahim Ibrahim, Lukman Nadjamuddin, Hasdin Hasdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)