Analisis Dampak Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7567Keywords:
pembelajaran kontekstual, literasi lingkungan, kajian literatur, pendidikan dasarAbstract
Rendahnya literasi lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi tantangan pendidikan yang memerlukan pendekatan pembelajaran inovatif dan relevan dengan kehidupan nyata. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) terhadap peningkatan literasi lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka terhadap enam artikel ilmiah nasional dan internasional yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Data diperoleh melalui penelusuran pada 3 database ilmiah yaitu Google Scholar, DOAJ, dan Garuda, dengan kriteria inklusi yang relevan terhadap tema CTL dan literasi lingkungan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa model CTLss mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu lingkungan, mendorong sikap peduli dan tanggung jawab ekologis, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan psikomotorik melalui pengalaman belajar yang kontekstual. Pembelajaran berbasis CTL juga efektif diterapkan pada berbagai kondisi sekolah, baik di wilayah pedesaan, pesisir, maupun perkotaan, selama didukung oleh perangkat ajar yang sesuai konteks lokal dan pelatihan guru yang memadai. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran kontekstual merupakan strategi yang relevan dan efektif dalam menumbuhkan literasi lingkungan sejak pendidikan dasar.
References
Ahmadi, Z. S. (2022). REVIEW ARTICLE : PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SEKOLAH. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 175-180. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i3.105
Anggraini, N., Nazip, K., Wardhani, P. K., & Andrian, D. S. (2021). Analysis of Environmental Literacy Skill of Biology Teacher Candidates in Human and Environmental Courses Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Calon Guru Biologi Dalam Mata Kuliah Manusia dan Lingkungan. Science Education Journal (SEJ), 5(1), 29-40. https://doi.org/10.21070/sej.v5i1.1169
Hayati, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Tematik tema Lingkungan Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(November), 34-38.
Hulwah, L., & Suriani, A. (2025). Pentingnya Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains pada Siswa SD. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 365-373. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1989
Husamah, H., Miharja, F. J., & Hidayati, D. A. (2020). Environmental Literacy of Islamic Boarding School Students : Study in MA Bilingual-Sidoarjo , East Java , Indonesia. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 57-68. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i1.2766
Johannes. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4729-4732.
Lestari, L. D. (2020). Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning)Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas Iv Mi Muhammadiyah Limbangan. Jurnal IKA, 8(2), 327-341. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.832
Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Novitasari, A. (2025). Kemampuan Pengetahuan Ekologis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 120-125. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v16i1.12272
Nurbaeti, I., Supriatna, N., & Zulfikar, H. A. (2020). Improvement of Student Ecoliteracy through Contextual Teaching and Learning Based on Outdoor Study in Elementary Social Studies Learning. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2, 986-997.
Rawanoko, E. S. (2025). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning ( CTL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 289-296. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1153
Sayyidaturrofi, W., Nasution, R., & Purwati, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X. PENDIPA Journal of Science Education, 9(2), 480-487. https://doi.org/10.33369/pendipa.9.2.480-487
Susanti, R., & Hanafi, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar The Influence of Contextual Teaching and Learning Model on Reading and Speaking Skills of Elementary School Students. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 1(8), 4084-4096.
Syaifuddin, T., Nurlaela, L., & P, S. P. (2021). Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528-535. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.143
Wibawa, I. M. C., & Astawan, I. G. (2022). Contextual Learning-Based E- Student ' s Worksheet for Grade VI Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3), 427-437. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.49242
Wibosono, M. E. W., & Hidayati, Y. M. (2023). Development of FRAME EDU learning media on fractional materials in elementary schools. AIP Conference Proceedings, 2886(1). https://doi.org/10.1063/5.0154706
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Iduard Iduard, Hasdin Hasdin, Idrus Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)