Implikasi Kebijakan Pendidikan terhadap Penguasaan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7145Keywords:
kebijakan pendidikan, literasi dasar, numerasi, kepala sekolah, strategi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kebijakan nasional terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar di sekolah dasar. Metode penelitian merupkan penelitian studi kasus dengan subjek penelitian guru kelas, kepala sekolah, dan siswa/i tingkat rendah dan tinggi dengan teknik wawancara mendalam dan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam proses pembelajaran, dari kegiatan membaca yang bersifat dasar menuju aktivitas literasi yang lebih kontekstual dan aplikatif, seperti mendongeng, memahami pokok pikiran, dan menyelesaikan soal numerasi berbasis konteks. Implementasi kebijakan seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Asesmen Nasional mendorong sekolah untuk menyesuaikan strategi pembelajaran, dengan dukungan kuat dari kepala sekolah dan guru. Kegiatan literasi kini tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga sarana pengembangan potensi siswa yang berorientasi pada prestasi dan kesiapan menghadapi tantangan asesmen nasional. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan akses masih perlu diatasi agar kebijakan dapat berdampak merata. Dengan demikian, kebijakan literasi dan numerasi perlu terus diperkuat melalui pelatihan guru, penyediaan sarana belajar yang memadai, dan pengawasan pelaksanaan secara konsisten.
References
Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2024). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Budaya Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Indonesia. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 47-68. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.407
Astuti, R. (2023). Literasi numerasi anak usia dini dalam pembelajaran ragam hias papua menggunakan limbah anorganik dan teknik khombow. Deskovi Art and Design Journal, 6(1), 75. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13111.
Connolly, C., Carr, E., & Knox, S. (2023). Diving deep into numeracy, cross-curricular professional development. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(6), 1034–1053. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1986160
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Dewi, L. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di SMPN 3 Praya Dan Smpn 4 Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1464–1478. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4366
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1284–1291.
Herbert, S., Muir, T., & Livy, S. (2020). Characteristics of a secondary school with improved NAPLAN results. Mathematics Education Research Journal, 32(3), 387–410. https://doi.org/10.1007/s13394-019-00304-y
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Lutfiana, N., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Yulandra, R. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 242-248. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.137
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
Marzano, R. J., Marzano, J. S., & Pickering, D. J. (2003). Classroom Management That Works. Research-Based Strategies for Every Teacher. New York: Pearson Education.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Mubarok, M. A., Handayani, S., Utami, I. Z. W., & Rofisian, N. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jombor. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP). 02(02), 606–609.
Muliantara, I. a. (2022). Strategi menguatkan literasi dan numerasi untuk mendukung Merdeka belajar di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847-4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847.
Rawlings, B. S., Davis, H. E., Anum, A., Burger, O., Chen, L., Morales, J. C. C., Dutra, N., Dzabatou, A., Dzokoto, V., Erut, A., Fong, F. T. K., & Ghelardi, S. (2024). Quantifying quality: The impact of measures of school quality on children’s academic achievement across diverse societies. Developmental Science, 27(5). https://doi.org/10.1111/desc.13434
Supriani, Y., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Paradigma Keilmuan yang melandasi proses Transformasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 725–732. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.371
Suriansyah, A., Aslamiah, Maimunah, & Hikmah, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 24–37.
Wardopo, K. (2019). Dongeng sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Komper Wardopo. Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 220–238.
Yaakob, M. F. M., Musa, M. R., Habibi, A., & Othman, R. (2019). Strategic management and strategic planning in school: Is it worth for teachers? Academy of Strategic Management Journal, 18(3).
Yulistia, A., & Syafrudin, U. (2022). Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 41–50. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4610.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aulia Rahmah, Nurdohiyah Nurdohiyah, Indah Puspita Sari, Ulfia Nurul Annisa, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)