Implikasi Kebijakan Pendidikan terhadap Penguasaan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa

Authors

  • Aulia Rahmah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Nurdohiyah Nurdohiyah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Indah Puspita Sari Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ulfia Nurul Annisa Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7145

Keywords:

kebijakan pendidikan, literasi dasar, numerasi, kepala sekolah, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kebijakan nasional terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar di sekolah dasar. Metode penelitian merupkan penelitian studi kasus dengan subjek penelitian guru kelas, kepala sekolah, dan siswa/i  tingkat rendah dan tinggi dengan teknik wawancara mendalam dan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam proses pembelajaran, dari kegiatan membaca yang bersifat dasar menuju aktivitas literasi yang lebih kontekstual dan aplikatif, seperti mendongeng, memahami pokok pikiran, dan menyelesaikan soal numerasi berbasis konteks. Implementasi kebijakan seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Asesmen Nasional mendorong sekolah untuk menyesuaikan strategi pembelajaran, dengan dukungan kuat dari kepala sekolah dan guru. Kegiatan literasi kini tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga sarana pengembangan potensi siswa yang berorientasi pada prestasi dan kesiapan menghadapi tantangan asesmen nasional. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan akses masih perlu diatasi agar kebijakan dapat berdampak merata. Dengan demikian, kebijakan literasi dan numerasi perlu terus diperkuat melalui pelatihan guru, penyediaan sarana belajar yang memadai, dan pengawasan pelaksanaan secara konsisten.

References

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2024). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Budaya Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Indonesia. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 47-68. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.407

Astuti, R. (2023). Literasi numerasi anak usia dini dalam pembelajaran ragam hias papua menggunakan limbah anorganik dan teknik khombow. Deskovi Art and Design Journal, 6(1), 75. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13111.

Connolly, C., Carr, E., & Knox, S. (2023). Diving deep into numeracy, cross-curricular professional development. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(6), 1034–1053. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1986160

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Dewi, L. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di SMPN 3 Praya Dan Smpn 4 Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1464–1478. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4366

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1284–1291.

Herbert, S., Muir, T., & Livy, S. (2020). Characteristics of a secondary school with improved NAPLAN results. Mathematics Education Research Journal, 32(3), 387–410. https://doi.org/10.1007/s13394-019-00304-y

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Lutfiana, N., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Yulandra, R. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 242-248. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.137

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).

Marzano, R. J., Marzano, J. S., & Pickering, D. J. (2003). Classroom Management That Works. Research-Based Strategies for Every Teacher. New York: Pearson Education.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Mubarok, M. A., Handayani, S., Utami, I. Z. W., & Rofisian, N. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jombor. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP). 02(02), 606–609.

Muliantara, I. a. (2022). Strategi menguatkan literasi dan numerasi untuk mendukung Merdeka belajar di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847-4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847.

Rawlings, B. S., Davis, H. E., Anum, A., Burger, O., Chen, L., Morales, J. C. C., Dutra, N., Dzabatou, A., Dzokoto, V., Erut, A., Fong, F. T. K., & Ghelardi, S. (2024). Quantifying quality: The impact of measures of school quality on children’s academic achievement across diverse societies. Developmental Science, 27(5). https://doi.org/10.1111/desc.13434

Supriani, Y., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Paradigma Keilmuan yang melandasi proses Transformasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 725–732. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.371

Suriansyah, A., Aslamiah, Maimunah, & Hikmah, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 24–37.

Wardopo, K. (2019). Dongeng sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Komper Wardopo. Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 220–238.

Yaakob, M. F. M., Musa, M. R., Habibi, A., & Othman, R. (2019). Strategic management and strategic planning in school: Is it worth for teachers? Academy of Strategic Management Journal, 18(3).

Yulistia, A., & Syafrudin, U. (2022). Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 41–50. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4610.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Rahmah, A., Nurdohiyah, N., Sari, I. P., Annisa, U. N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2025). Implikasi Kebijakan Pendidikan terhadap Penguasaan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 482–493. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7145

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.